Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Efektifkah Sarung Tangan Memutus Penularan Covid-19?

Dok/Shutterstock

Topcareer.id – Saat ini menjadi pemandangan yang biasa jika di tempat umum, terutama pasar dan pusat perbelanjaan, kita menemukan seseorang yang menggunakan sarung tangan.

Ya, menurut sebagian orang, pemakaian sarung tangan dipercaya dapat memutus rantai penularan Covid-19. Tapi akahkah hal tersebut benar-benar efektif?

Untuk menepis kabar yang simpang siur itu, Tim Pakar Satgas Penanganan covid-19, Budi Santoso menegaskan bahwa penggunaan sarung tangan dalam bentuk apapun kurang efektif.

“Untuk masyarakat, sebenarnya yang paling penting itu adalah penggunaan masker. Untuk alat pelindungan yang lain, misalnya seperti sarung tangan, saya rasa itu tidak diperlukan,” ujarnya dalam ruang dialog digital di Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Lebih lanjut Budi menjelaskan, ketika seseorang menggunakan surgical gloves, virus yang ada di tangan akan tetap menempel pada barang-barang yang lain. Sehingga tidak serta-merta memutus rantai penularan.

Meskipun begitu, ia menegaskan penggunaan sarung tangan tetap harus diterapkan untuk beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan higienitas tinggi.

“Untuk beberapa pekerjaan yang di masyarakat, yang memang harus menuntut higienitas yang tinggi, bisa menggunakan sarung tangan plastik, bukan surgical gloves yang biasanya (terbuat) dari latex. Karena itu memang kegunaannya untuk tenaga medis di rumah sakit,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply