Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Agar Terlihat Profesional, Terapkan Ragam Etiket Ini saat Zoom Meeting (Bagian 1)

Topcareer.id – Hingga kini, pandemi virus corona masih terus memaksa masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan, salah satunya social distancing.

Hal ini menyebabkan semakin banyaknya kantor dan perusahaan yang mengadakan rapat jarak jauh menggunakan aplikasi meeting virtual seperti Zoom.

Bagi sebagian orang, meeting virtual masih membuat mereka kagok, seolah bingung harus melakukan apa.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memahami beberapa etiket meeting virtual berikut ini, baik saat menggunakan Zoom atau aplikasi lainnya.

Pastikan untuk memperkenalkan semua orang di awal
Sama seperti pertemuan atau acara sosial sungguhan, kamu tidak akan memulai percakapan antara dua kenalan yang belum pernah bertemu tanpa memperkenalkan mereka.

Praktik yang sama berlaku untuk pertemuan virtual. Pastikan untuk memperkenalkan semua pihak di awal untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan merangsang keterlibatan.

Pastikan memiliki background yang bersih dan sesuai untuk pekerjaan
Dengan memiliki background yang bersih dan dekorasi sesuai dengan pekerjaan, kamu mengurangi kemungkinan terganggunya konsentrasi peserta.

Kamu juga harus mencoba menghadiri pertemuan dari area tenang yang memiliki latar belakang kebisingan dan pergerakan yang minimal.

Fitur background virtual Zoom adalah cara mudah untuk menghilangkan gangguan tampilan background saat harus meeting virtual di lokasi yang berantakan atau sibuk.

Lihat ke kamera saat berbicara, bukan melihat diri sendiri
Jika kamu melihat diri sendiri di layar saat berbicara, perhatianmu jadi terlihat seperti tertuju ke tempat lain.

Kontak mata langsung ke kamera saat berbicara memberi kesan kepada peserta bahwa kamu sedang melihat mereka daripada ke samping, yang menciptakan lingkungan di mana semua orang merasa terlibat dan hadir dalam percakapan.

Pastikan untuk memposisikan kamera web dan monitor sejajar mata sehingga kamu bisa melihat ke kamera dan mensimulasikan hubungan eye to eye dengan peserta lainnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply