Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Menghadapi Pekerjaan Tidak Sesuai Passion

Dok. Hacker Noon

Topcareer.id – Semakin sulitnya mencari pekerjaan di masa sekarang membuat banyak orang memutuskan untuk mengambil tawaran pekerjaan yang mungkin tidak sesuai dengan passion atau pendidikan yang telah ditempuhnya.

Hampir semua perusahaan mewajibkan untuk merekrut kandidat yang berpengalaman di bidang yang spesifik selama bertahun-tahun dan enggan melirik calon karyawan baru yang masih fresh graduate.

Hal ini telah membuat banyak sekali pekerja yang bekerja di luar passion dan tidak sesuai dengan pendidikan mereka. Tidak hanya untuk fresh graduate, mereka yang ingin pindah kerja ke tempat yang lebih baik pun tak jarang harus memaksa diri mereka untuk mengembangkan skill baru yang mungkin di luar passion mereka agar bisa bergabung ke perusahaan baru yang lebih menjanjikan.

Baca Juga: Karyawan Penuh Passion dan Ambisius Dibutuhkan Perusahaan

Bagaimana jika kamu mengalami hal ini? Bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan passion kamu. Berikut ini tips untuk menghadapinya.

Jangan terjebak mencari jalan yang “benar” untuk dikejar

Pahamilah bahwa sebetulnya ada jalan tak terbatas yang bisa kamu pilih dan kamu bisa sukses atau bahagia dengan salah satunya. Daripada terlalu mengunci diri untuk mencari jalur yang “benar”, pilihlah jalur apapun yang bisa menghasilkan dan cari tahu bagaimana membuatnya “benar”. Ingatlah apa pun yang kamu kejar, kamu selalu dapat mengubah arah lagi, dan kamu mungkin akan melakukannya berkali-kali selama bertahun-tahun.

Bereksperimen dengan berbagai jalur potensial dalam dosis kecil

Rasakan bukan hanya tentang minat pada setiap jalur yang kamu pilih, tetapi juga bagaimana rasanya melakukannya untuk mencari nafkah. Misalnya, jika kamu ingin tahu bagaimana rasanya menjadi web developer, dapatkan satu klien dan cobalah.

Jika kamu ingin mencoba game developer, kembangkan game sederhana dan lihat bagaimana rasanya. Cara terbaik untuk mengetahui apakah kamu ingin melakukan sesuatu adalah dengan benar-benar melakukannya.

Ingat, selalu ada perbedaan antara melakukan sesuatu dan melakukan hal itu sebagai pekerjaan

Kamu mungkin menyukai web developing, tetapi memiliki agensi web developer kamu sendiri mungkin memerlukan banyak waktu untuk memasarkan bisnis dan menangani logistik seperti halnya melakukan pengembangan web yang sebenarnya. Membuat musik berbeda dengan membangun karier musik. Mempelajari filsafat berbeda dengan mengajar filsafat. Ini bukan untuk mencegah kamu mengejar impian ini, tetapi ini adalah pengingat bahwa saat kamu mempertimbangkan pilihan, kamu harus mengingat versi pekerjaan yang sebenarnya. Jangan berasumsi bahwa kamu akan menyukai karier di bidang ‘X’ karena kamu tertarik pada ‘X’.

Jangan pernah berpikir, “Siapa yang mau mendengarkan saya?”

Setiap pencipta, seniman, dan setiap orang yang pernah membuat sesuatu memiliki suara yang sama di kepala mereka – terutama di awal pekerjaan mereka. Mereka bertanya-tanya apa yang membuat mereka memenuhi syarat untuk membagikan ciptaan mereka kepada dunia. Perbedaan antara orang sukses dan tidak adalah kesediaan mereka untuk mengabaikan suara itu. Pengalaman, pemikiran, dan perspektif kamu unik karena itu adalah hasil dari kehidupan unik kamu sendiri. Jangan menilai karya kamu berdasarkan reaksi penonton terhadapnya terutama saat kamu baru mulai membuat dan berbagi sesuatu. Tujuannya adalah membuat, berbagi, belajar, dan meningkatkan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply