Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ditanya Akan Menjadi Apa Dalam 5 Tahun Ke Depan, Ini Jawabannya

Topcareer.id – Banyak kandidat agak bingung untuk menjawab pertanyaan tentang akan menjadi apa dirinya dalam lima tahun ke depan di perusahaan yang dilamarnya.

Kamu mungkin pernah mengalaminya juga. Sebagian ada yang bisa menjawab dengan profesional dan diplomatis, namun tak jarang juga yang terpeleset menjawab pertanyaan ini dan gagal diterima bekerja.

Akan sangat membantu untuk melakukan beberapa persiapan sebelum menjawab pertanyaan ini dalam sebuah wawancara. Pertimbangkan praktik terbaik berikut untuk menjawab pertanyaan cukup tricky ini:

1) Pikirkan tentang bagaimana tujuanmu sesuai dengan deskripsi pekerjaan
Saat menyusun jawaban, ingatlah untuk meninjau posting pekerjaan dengan cermat. Pertimbangkan keterampilan dan sifat yang diperlukan yang sudah kamu miliki dan yang ingin kamu peroleh. Akan sangat membantu untuk melihat secara spesifik tentang apa yang dibutuhkan pekerjaan itu dan memikirkan tentang apa artinya memajukan pengetahuan dan keahlianmu di bidang ini selama lima tahun ke depan.

2) Bayangkan pengalaman yang kamu ingin tulis dalam resume kamu lima tahun ke depan
Ini juga bisa menjadi praktik yang membantu untuk memikirkan seperti apa resume ideal kamu lima tahun dari sekarang. Pikirkan tentang kategori berikut dan bagaimana tampilannya di masa mendatang:

  • Apakah kamu ingin mendapatkan jabatan tertentu?
  • Apakah kamu ingin dapat membuat daftar keterampilan tertentu?
  • Apakah kamu akan menerima penghargaan atau sertifikat tertentu?
  • Apa yang ingin kamu capai dalam karier kamu?

Ingat, kamu tidak perlu menyertakan hal-hal spesifik ini dalam jawabanmu selama wawancara. Namun, memikirkan seperti apa resume kamu di masa depan akan membantumu dalam membentuk respons.

3) Renungkan minat kamu dan bagaimana hal itu bisa berkembang
Dalam profesi apa pun, akan selalu ada ruang untuk tumbuh dan terus belajar. Mungkin ada bidang minat tertentu yang ingin kamu fokuskan dalam peran yang ditanyakan saat wawancara, dan mungkin perlu beberapa tahun bagi kamu untuk mencapai tingkat ahli. Misalnya, ahli kosmetik mungkin tertarik untuk memelihara hubungan klien dan mempelajari teknologi yang digunakan bisnis lain untuk melakukannya. Akibatnya, dia mungkin mulai belajar lebih banyak tentang manajemen hubungan pelanggan dan komunikasi pemasaran. Merenungkan tugas, materi pelajaran, dan industri yang kamu minati dengan saksama dapat membantu membentuk gagasan di mana kamu melihat dirimu dalam lima tahun ke depan di perusahaan.

Berikut ini contoh untuk menjawab pertanyaan tersebut:

“Dalam lima tahun, saya ingin menjadi pakar industri yang dapat ditemui banyak orang untuk mendapatkan ide, bantuan, dan strategi. Saya memiliki mentor dan manajer yang luar biasa di posisi saya sebelumnya, jadi saya ingin bisa memberikan panduan serupa pada perusahaan ini dan mengambil peran kepemimpinan. Terakhir, saya ingin memimpin proyek yang saya sukai. Saya termotivasi dengan menghubungkan inisiatif saya dengan tujuan perusahaan yang lebih besar, dan saya senang dengan prospek mendapatkan lebih banyak pengalaman di dalamnya bersama perusahaan ini.”

Dalam contoh ini, kandidat mencatat keinginannya untuk meningkatkan pengetahuan industrinya, mengambil peran kepemimpinan, dan proyek yang dia sukai dalam lima tahun ke depan.

Contoh lain:

“Beberapa tujuan masa depan saya untuk lima tahun ke depan adalah memimpin tim desain. Saya sangat senang dengan prospek bekerja dengan produk dan event, ini sangat cocok dengan latar belakang manajemen proyek saya. Saya juga ingin mengembangkan keterampilan saya dalam user experience untuk membantu menciptakan desain yang lebih berfokus pada pengguna.”

Dalam contoh ini, kandidat ingin membuat tim sendiri, ingin lebih banyak pengalaman bekerja dengan departemen lain dan ingin mengembangkan keterampilan yang akan memperkuat keahliannya.

Meluangkan waktu untuk mempertimbangkan di mana kamu ingin berada atau menjadi seperti apa dalam lima tahun ke depan berdasarkan deskripsi pekerjaan, minat, dan tujuan, bisa membantu kamu menyusun jawaban yang mengomunikasikan mengapa kamu adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply