Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Program Sertifikat Google Jadi Solusi Efektif Pencari Kerja

Topcareer.id – Google telah membuat pengumuman besar yang dapat mengubah masa depan pekerjaan dan pendidikan tinggi. Google meluncurkan pilihan kursus profesional yang mengajarkan kandidat cara melakukan pekerjaan sesuai permintaan setiap perusahaan.

Kursus ini disebut Google Career Certificates, mengajarkan keterampilan dasar yang dapat membantu pencari kerja segera mendapatkan pekerjaan. Namun, tidak perlu waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya seperti gelar universitas tradisional, kursus ini dirancang untuk diselesaikan dalam waktu hanya sekitar enam bulan.

“Gelar perguruan tinggi berada di luar jangkauan banyak orang Amerika, dan Anda tidak perlu ijazah perguruan tinggi untuk memiliki keamanan ekonomi,” tulis Kent Walker, wakil presiden senior urusan global di Google. “Kami membutuhkan solusi pelatihan kerja yang baru dan dapat diakses – dari program kejuruan yang ditingkatkan hingga pendidikan online – untuk membantu Amerika memulihkan dan membangun kembali perekonomian.”

Baca Juga: Kesalahan Sepele Pencari Kerja yang Dianggap Fatal Menurut Rekruiter

Walker mengungkapkannya di Twitter:

“Dalam perekrutan kami sendiri, kami sekarang akan memperlakukan sertifikat karier baru terbitan Google ini setara dengan gelar empat tahun untuk peran terkait.”

Google tidak mengatakan dengan tepat berapa biaya kursus baru. Tetapi program serupa yang ditawarkan Google pada platform pembelajaran online Coursera, Sertifikat Profesional Dukungan TI Google, berharga US $ 49 untuk setiap bulan seorang siswa mendaftar. (Dengan harga itu, biaya kursus enam bulan hanya di bawah US $ 300. Kurang dari yang dihabiskan banyak mahasiswa untuk buku teks dalam satu semester saja.) Selain itu, Google mengatakan akan mendanai 100.000 beasiswa berdasarkan kebutuhan untuk mendukung program baru.

Dapatkan sertifikat, cari pekerjaan
Salah satu kritik utama pendidikan tinggi selama bertahun-tahun adalah bahwa universitas tidak membekali mahasiswanya dengan keterampilan dunia nyata yang mereka butuhkan di tempat kerja, dan membiarkan mereka berhutang selama bertahun-tahun karena mereka berjuang untuk membayar kembali pinjaman mahasiswa.

Sebaliknya, Google mengklaim kursus mereka, yang biayanya lebih murah dari pendidikan universitas tradisional, mempersiapkan siswanya untuk segera mendapatkan pekerjaan di bidang karier yang bergaji tinggi dan berkembang pesat.

Tiga program baru yang ditawarkan Google:

  • Project manager (US $ 93.000)
  • Data Analyst data (US $ 66.000)
  • UX Designer (US $ 75.000)

Google mengklaim program tersebut akan “membekali peserta dengan keterampilan penting yang mereka butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan”, dengan “tanpa gelar atau pengalaman sebelumnya yang diperlukan untuk mengambil kursus.” Setiap kursus dirancang dan diajarkan oleh karyawan Google yang bekerja di bidangnya masing-masing.

“Sertifikat Karier Google yang baru dibangun di atas program kami yang sudah ada untuk menciptakan jalur menuju karier dukungan TI bagi orang-orang yang tidak memiliki gelar sarjana,” Walker menjelaskan. “Diluncurkan pada tahun 2018, program Sertifikat TI Google telah menjadi satu-satunya sertifikat paling populer di Coursera, dan ribuan orang telah menemukan pekerjaan baru dan meningkatkan penghasilan mereka setelah menyelesaikan kursus ini.”

Setelah menyelesaikan suatu program, Google juga menjanjikan dukungan dalam pencarian kerja. Perusahaan mengatakan para peserta dapat “memilih untuk berbagi informasi mereka secara langsung dengan perusahaan teratas yang mempekerjakan untuk pekerjaan di bidang ini.

Selain itu, Google mengatakan akan menawarkan ratusan peluang magang kepada peserta yang telah menyelesaikan kursus tersebut. Dan mulai musim gugur ini, perusahaan akan menawarkan sertifikat dukungan TI di sekolah menengah pendidikan karier dan teknis di seluruh AS.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply