Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kesalahan Sepele Pencari Kerja yang Dianggap Fatal Menurut Rekruiter

Dok. Ambition.uk

Topcareer.id – Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Termasuk saat proses perekrutan di perusahaan baru. Setiap rekruiter menginginkan hal yang berbeda-beda. Ada beberapa hal yang menurut pencari kerja bukan suatu kesalahan namun menurut rekruiter itu justru merupakan kesalahan fatal.

Mengutip laman The street.com, Selasa (05/11/2019) berikut ini beberapa kesalahan sederhana pencari kerja yang akibatnya fatal.

Sosmed melewati batas
Semua orang memiliki banyak foto yang dipajang di Facebook, Instagram, dan aplikasi sosial media lain. Sebaiknya jaga kerahasiaannya, postinganmu mungkin kamu anggap biasa dan tidak salah, namun menurut perusahaan tempat kamu melamar kerja belum tentu memiliki pemikiran yang sama.

Baca juga: Tak Adil, Kesempatan Wanita Dipanggil Wawancara Lebih Kecil dari Pria

Hanya menulis satu surat lamaran
Kesalahan sepele yang lain adalah menganggap satu surat lamaran cocok untuk semua lowongan pekerjaan. Padahal setiap perusahaan perlu detail yang berbeda dari setiap surat lamaran.

Menulis satu CV untuk semua aplikasi
Setiap perusahaan menulis deskripsi pekerjaan bukan tanpa alasan, dan setiap perusahaan akan berbeda-beda. Jika kamu hanya mengirim satu macam CV pada mereka, CV-mu tidak akan spesifik pada gambaran pekerjaan yang ditawarkan perusahaan.

Tidak melakukan riset tentang perusahaan yang dilamar
Para pencari kerja harus membaca semua hal tentang perusahaan yang mereka lamar. Menurutmu mungkin ini sepele, tapi menurut rekruiter bisa dianggap kesalahan fatal. Perusahaan tidak suka dengan calon karyawannya yang tidak mengetahui tentang perusahaan yang dilamar.

Baca juga: HRD Netflix Punya Pertanyaan Kunci Saat Wawancara, Apakah Itu?

Membuat kesalahan ketik atau kesalahan teknis
Kesalahan ketik dalam CV ataupun surat lamaran kamu memang terlihat kecil. Tapi bagi rekruiter lagi-lagi ini tidak bisa diterima, kamu bisa dianggap sebagai orang yang tidak fokus dan tidak teliti. Apalagi jika kamu menulis surat lamaran hanya copy paste dari satu surat lamaran yang sudah kamu buat dan kamu lupa merubah nama perusahaan dari surat lamaranmu.

Tidak mengajukan pertanyaan dalam wawancara
Selama proses wawancara, penting untuk mengajukan pertanyaan ketika berbicara dengan calon majikan. Bahkan jika kamu sudah mengajukan pertanyaan pada wawancara sebelumnya dengan tim lain. Para pencari kerja yang tidak memiliki pertanyaan untuk calon majikan barunya akan tampak tidak tertarik atau tidak siap. Dan ini bisa berakibat fatal. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply