Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Aset dan Value Dirimu yang Harus Dikembangkan Sepanjang Perjalanan Karier (Bagian 1)

Topcareer.id – Karier tidak ditentukan oleh pekerjaan. Keberhasilan karier ditentukan oleh kemampuan kamu untuk mengembangkan aset dan menggunakannya untuk memperoleh value yang kamu cari.

Pekerjaan hanyalah transaksi, sebuah mekanisme di mana kamu menukar aset dari dirimu dengan apa yang kamu hargai.

Ini bukan lagi tentang mendapatkan pekerjaan hebat atau meningkatkan peringkat perusahaan. Jika kesuksesan karier bergantung pada pertukaran aset untuk value, maka ada dua kunci untuk membangun karier kamu yaitu:

  • Kemampuan kamu untuk mengembangkan aset.
  • Kemampuan kamu untuk menukarnya dengan value yang benar.

Baca Juga: Karier Kamu Stagnan? Coba 5 Strategi Manajemen Karier Ini

Dengan mengingat hal tersebut, berikut ini rincian empat aset inti yang perlu kamu kembangkan dan empat jenis value yang harus kamu cari sebagai gantinya.

Bagian pertama dari artikel:

Empat aset yang perlu kamu kembangkan.

Keempat aset berikut memainkan peran kunci dalam kesuksesan karier kamu. Semakin kamu mengembangkan setiap aset, semakin banyak kamu harus menawarkan kepada orang lain, dan semakin berharga dirimu.

Aset #1: Skills
Apa kemampuanmu? Apa yang sudah kamu kuasai? Apa yang bisa kamu bawa ke meja yang tidak bisa dilakukan orang lain?
Keterampilan bisa menjadi khusus atau lebih umum, tetapi keterampilan itu sangat penting untuk kesuksesan. Tidak peduli seberapa banyak bakat bawaan yang kamu miliki, keterampilan harus dikembangkan. Itulah bagian yang membuat mereka sangat berharga.

Aset #2: Knowledge
Berapa banyak yang kamu tahu? Apa yang telah kamu pelajari? Apa yang bisa kamu ajarkan? Apa yang kamu ketahui yang tidak diketahui orang lain? Pengetahuan adalah aset yang tidak pernah berakhir. Karena tidak dapat “dikuasai”, ada spektrum yang sangat besar yang semua orang berada di tempat yang berbeda. Ini menciptakan peluang untuk menonjol dari keramaian.
Pengetahuan lebih dari sekadar apa yang kamu ketahui sekarang, ini juga tentang kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru dan seberapa cepat melakukannya.

Aset #3: Effort
Seberapa keras kamu bekerja? Seberapa bertekadnya kamu? Apa etos kerjamu? Seberapa produktifkah kamu? Seberapa bisa memotivasi diri? Kamu tidak bisa hanya berusaha untuk sukses, tapi juga tidak bisa sukses tanpa kerja keras. Upaya itu penting dan beberapa orang rela mengerahkan lebih dari yang lain. Itu adalah aset.

Aset #4: Time
Berapa banyak waktu yang akan kamu berikan untuk sebuah proyek? Berapa banyak waktu yang kamu miliki? Seberapa sabar kamu? Seberapa baik kamu mengatur waktu? Seberapa baik kamu mengatur waktu orang lain? Waktu adalah aset yang paling terbatas dan terukur. Ada alasan mengapa banyak orang dibayar berdasarkan waktu mereka. Namun jika kamu mampu mengembangkan cara untuk menguasai waktu dan membuatnya bekerja untuk dirimu dan orang lain, kamu akan menjadi kontributor yang jauh lebih berharga.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply