Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Semangat Bekerja Berkurang? Bersih-bersih adalah Jawabannya

Sumber foto: Vietnam Times

Topcareer.id – Merasa penat dalam bekerja? Cobalah berhenti sebentar dan mulai lihat sekelilingmu. Kalau ruang kerjamu terlihat berantakan dengan barang-barang yang saling menumpuk, mungkin ini waktunya untuk bersih-bersih.

Seperti dikutip dari Lifehack.org, berikut tips bersih-bersih yang baik, yang bisa memulihkan energimu dalam bekerja.

Fokus pada membangun energi dan mengurangi stres

Saat memulai aktivitas bersih-bersih, fokuslah dalam menciptakan tempat kerja yang nyaman dan bebas distraksi. Bekerja tanpa dokumen-dokumen yang berserakan, gelas yang belum dicuci, sampah makanan, dan sebagainya akan membuatmu merasa memiliki energi. Ini juga penting dalam mengurangi stresmu.

Bersihkan email

Enggak cuma meja dan ruangan saja yang harus dibersihkan, tapi juga pesan-pesan di dalam email kamu. Membiarkan segala pesan bercampur jadi satu akan membuatmu merasa stres saat membacanya.

Karena itu, mulailah pilih pesan-pesan mana yang penting, lalu hancurkan sisanya. Kamu akan terkejut betapa leganya kamu setelah melakukannya.

Belajarlah untuk melepaskan

Mungkin akan ada sedikit rasa berat saat kita harus melepaskan beberapa muatan dari diri kita. Tapi, percayalah jika ini baik untuk efisiensi kamu dalam bekerja, serta membuatmu lebih leluasa dalam berkreasi.

Lagipula, setelah kamu membuang beberapa barang atau file yang tidak perlu, kamu akan terbiasa melakukannya.

Temukan cara organisir barang yang paling sesuai untukmu

Setelah menyingkirkan sampah, barang, atau file yang sudah tidak kamu perlukan, langkah selanjutnya adalah belajar mengorganisir sisa-sisa barang dan file penting yang kamu miliki.

Semakin terorganisir dengan baik, kamu akan semakin mudah untuk menemukannya ketika diperlukan. Alhasil, kerjamu ke depannya pun akan terasa lebih ringan.

Jaga agar tetap efisien

Setelah bersih, biasanya kamu akan tergoda untuk menambahkan beberapa file baru di komputer kamu, atau beberapa barang di ruang kerja kamu.

Sebelum melakukannya, pastikan untuk menjaga ruang kerjamu tetap sesimple dan seefisien mungkin. Patuhlah terhadap niat yang sudah kamu terapkan, supaya kamu enggak perlu mengulang semuanya dari awal lagi.

Ingat, tujuan utamanya adalah agar kamu bisa memiliki energi lebih, semakin kreatif, dan stresmu berkurang. Jadi, jangan sampai lengah ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply