Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Awas, Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Sebarkan Bakteri 120 Kali Lipat

Topcareer.id – Lilin lucu warna-warni yang menyala terang di atas kue ulang tahun mungkin terlihat indah, tetapi tampaknya meniupnya memiliki beberapa efek samping yang cukup menjijikkan, kata para peneliti.

Sebuah studi di Journal of Food Research menentukan bahwa meniup lilin di atas permukaan kue ulang tahun yang manis bisa menghasilkan 1.400% lebih banyak bakteri pada kue dibandingkan dengan yang tidak ditiup.

Penelitian itu berjudul Bacterial Transfer Associated with Blowing Out Candles on a Birthday Cake. Paul Dawson, seorang profesor keamanan pangan di Clemson University dan rekan penulis penelitian menyederhanakan penelitiannya.

Baca Juga: Awas, AC Disebut Dapat Menyebarkan Virus Corona

Dawson dan murid-muridnya membagikan kue ulang tahun asli dan membekukan selembar kertas timah di atas alas styrofoam berbentuk kue. Murid-muridnya memasukkan lilin ke dalamnya, menyalakannya, dan meniup.

Namun, mereka melakukan sesuatu sebelum meniup lilin ulang tahun tersebut, mereka terlebih dahulu memakan pizza. “Kami juga ingin membuat simulasi pesta ulang tahun,” kata Dawson. Kami pikir itu mungkin membantu kelenjar ludah untuk bekerja.

Berikutnya adalah penghitungan bakteri. Tim penelitian mengencerkan kertas timah yang dibekukan dengan air steril dan menyebarkannya di wadah agar plate supaya bakteri dapat tumbuh. Setiap koloni yang tumbuh di agar plate mewakili satu sel bakteri asli dari kertas timah yang dibekukan.

Tentu saja ada banyak bakteri. Tetapi yang mengejutkan Dawson adalah betapa hal itu bervariasi dari satu tiupan ke tiupan lainnya. Rata-rata, meniup lilin meningkatkan jumlah bakteri di lapisan kertas timah yang dibekukan sebanyak 14 kali lipat.

Tetapi dalam satu kasus, itu meningkatkan jumlah bakteri lebih dari 120 kali lipat. “Beberapa orang meniup kue dan mereka tidak mentransfer bakteri apa pun. Padahal Anda memiliki satu atau dua orang yang benar-benar mentransfer banyak bakteri.” kata Dawson.

“Pesta ulang tahun tidak boleh dirusak.”kata Dawson. Menurutnya ini bukan masalah kesehatan yang besar. “Pada kenyataannya jika Anda melakukan ini 100.000 kali, maka kemungkinan jatuh sakit mungkin akan kecil,” tambahnya.

Mulut penuh dengan bakteri, namun selama orang itu sehat, kebanyakan tidak berbahaya. Jika kue ulang tahun secara signifikan berkontribusi pada penyebaran penyakit mematikan, Dawson mengatakan dia akan menghindari kue ulang tahun jika si peniup lilin benar-benar sakit.

Dari penelitian yang dilakukan Profesor Paul Dawson ini pada 2017 silam, ada hal yang bisa dipelajari, meniup lilin pada kue ulang tahun memang menyebarkan bakteri dari si peniupnya, namun selama yang berulang tahun sehat, kemungkinan tertular penyakit sangatlah kecil.

Namun, di masa pandemi virus corona seperti sekarang di mana mudah sekali terjadi penularan COVID-19, sebaiknya kita semua waspada ketika mengadakan acara ulang tahun, sebaiknya hindari dulu meniup lilin kue ulang tahun. Karena kita semua tahu bahwa penyebaran virus corona jelas melalui droplet yang terbawa keluar dari mulut.*(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply