Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

3 Latihan Sederhana untuk Tingkatkan Kualitas Otak Demi Meraih Sukses

Topcareer.id – Para peneliti telah menemukan bahwa memperbaiki struktur otak dan fungsi kognitif dapat membantu kamu bekerja lebih baik. Rutin melakukan latihan otak bisa membuat pikiran kamu lebih gesit.

Misalnya, setiap pagi selama perjalanan menuju kantor, cobalah mengingat dan mengucapkan dengan daftar tugas terpenting kamu, sehingga kamu tetap fokus pada tugas penting tersebut sepanjang hari.

Jika ingin meningkatkan kapasitas mental, mungkin sulit untuk mengetahui latihan otak mana yang harus diterapkan. Syukurlah, para ahli di Pusat Kesehatan Otak di Universitas Texas mendapatkan latihan yang bermanfaat.

Baca Juga: Ahli Syaraf: Lakukan Hiking untuk Menjaga Otak Tetap Muda

Mereka menyebutnya “2 + 5 + 7 = Peningkatan Kesehatan Otak”. Ini bukan rumus ilmiah, tetapi lebih merupakan mnemonik mental, yang dapat kamu ingat untuk dilatih setiap hari dan membantu meningkatkan kapasitas otak.

Begini cara kerjanya:

2x Setiap hari: Engage in ‘expansive thinking’

“Pemikiran ekspansif” adalah cara berpikir tentang masalah atau situasi yang besar dan berani dan melihat berbagai cara untuk memecahkan atau memperbaikinya. Salah satu contoh: keputusan personalia yang penting, seperti merekrut pemimpin senior yang akan membantu membentuk dan mengarahkan arah perusahaan. Ini dapat membantu memajukan inisiatif skala besar apa pun selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Karena masalah ini mungkin memerlukan banyak waktu dan perhatian, sebaiknya atur hari kamu sehingga kamu memiliki waktu yang ditentukan, masing-masing sekitar 45 menit, untuk membahas item ini.

5x Setiap hari: Istirahatkan otak selama tiga sampai lima menit

Otak kamu membutuhkan waktu untuk rileks dan memulihkan dirinya sendiri. Daripada melakukan rapat berturut-turut, berikan diri kamu beberapa menit untuk mengisi ulang tenaga sebelum memulai komitmen berikutnya. Ini bisa berarti berbicara sambil jalan, menutup mata dan bermeditasi beberapa saat, atau bahkan hanya bersosialisasi dengan rekan kerja tentang topik yang tidak terkait dengan pekerjaan. Para ahli merekomendasikan untuk memutuskan koneksi dari teknologi atau menghindari email, telepon dan teks secara bersamaan untuk beberapa saat.

7x sehari: Berlatih ‘pemecahan masalah yang inovatif’

Cobalah secara aktif mencoba untuk menyusun ulang masalah atau melihat masalah dari sudut pandang yang baru. Ini akan membantu meningkatkan fleksibilitas kognitif dan memperkuat kemampuan kamu untuk memecahkan masalah menggunakan pendekatan tidak langsung dan kreatif. Salah satu cara untuk mempraktikkan “pemecahan masalah yang inovatif” adalah dengan mengambil sesuatu yang kamu terima sebagai status quo (misalnya, bagaimana rapat dijalankan) dan lihat apakah kamu bisa memikirkan kembali bagaimana hal itu dilakukan. Mungkin kamu bisa bertanya kepada karyawan baru tentang perspektif mereka tentang organisasi. Pertahankan daftar 7x ini dan coba untuk “berpikir secara berbeda” tentang suatu masalah yang biasanya kamu atau orang lain anggap remeh.

Rumus 2 + 5 + 7 adalah saran yang berguna untuk menyusun hari kerjamu. Tulis di kertas tempel dan letakkan di meja kamu. Pengingat seperti ini dapat membantu kamu melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan lebih menikmatinya serta menciptakan lingkaran yang baik bagi mereka yang ada di organisasimu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply