Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Situs Media Sosial Terbaik untuk Mencari Kerja

Media Sosial

Topcareer.id – Sosial media kini tak hanya dimanfaatkan untuk sekedar meluaskan jaringan. Sosial media juga bisa dimanfaatkan untuk pencarian kerja dan mengembangkan karier. Pilihlah media sosial yang bisa mendukung hal tersebut.

Menurut Monster.com, 80% pemberi kerja menggunakan media sosial sebagai alat rekrutmen. Pencari kerja dapat menggunakan media sosial untuk terhubung dengan perekrut, membangun jaringan profesional mereka, dan mencari lowongan kerja di perusahaan favorit mereka. Berikut situs jejaring sosial yang bisa digunakan untuk mencari kerja, mengutip dari laman The Balance Career.

LinkedIn

Dengan hampir 660 juta pengguna saat ini, LinkedIn adalah posisi teratas untuk orang yang mencari pekerjaan. Namun, banyak pengguna tidak mengambil langkah yang diperlukan untuk memaksimalkan peluang mereka, termasuk mengoptimalkan profil mereka, membuat jaringan, bergabung dengan grup, menggabungkan sampel kerja, dan mengumpulkan rekomendasi dan dukungan.

Baca Juga: 3 Strategi Dapatkan Pelanggan di Media Sosial

Pastikan kamu menjangkau koneksi tingkat pertama, kedua, dan ketiga untuk informasi, saran, dan perkenalan kepada manajer perekrutan. Bergabunglah dengan kelompok profesional yang terkait dengan minatmu dan berkontribusi dalam diskusi untuk meningkatkan visibilitas.

Facebook

Banyak perusahaan akan memasang iklan pekerjaan di Facebook. Kamu dapat menemukan peluang ini dengan mencari “Pekerjaan di Facebook” di jendela pencarian di situs. Namun, nilai terbesar Facebook adalah kesempatan untuk meminta bantuan kontakmu dengan pencarian pekerjaan.

Tanyakan apakah kontakmu mengetahui pekerjaan apa pun yang terkait dengan minatmu.  Kamu juga bisa meminta teman memberikan referensi kepada setiap orang yang mereka kenal di bidangmu untuk mendapatkan nasihat dan informasi yang relevan dengan transisi pekerjaan.

Instagram

Instagram adalah cara yang baik untuk membangun personal branding sambil mendemonstrasikan keterampilan media sosial, dan meningkatkan kecerdasan digital secara keseluruhan. Ini juga cara cerdas untuk mengumpulkan informasi dan wawasan tentang perusahaan yang kau minati.

Instagram adalah cara yang bagus untuk melihat ke dalam perusahaan untuk mendemonstrasikan nanti bagaimana kamu akan cocok di dalamnya. Instagram juga menyediakan sarana untuk memposting representasi visual terkait dengan proyek profesional atau akademismu.

Pinterest

Pinterest melaporkan lebih dari 300 juta pengguna aktif bulanan. Situs ini akan sangat berguna untuk tipe kreatif seperti dekorator interior, seniman, dan desainer grafis yang dapat memposting representasi visual dari karya mereka.

Situs ini banyak dikunjungi oleh wanita, sehingga kontraktor yang ingin mempromosikan layanan mereka kepada wanita kemungkinan besar akan memperoleh manfaat terbesar dari situs.

Twitter

Salah satu manfaat Twitter adalah komunikasi bebas arus yang memungkinkanmu untuk berbicara langsung dengan perekrut dan manajer perekrutan tanpa perlu mengirimkan resume terlebih dahulu. Telusuri #recruiters dan kata kunci lain yang terkait dengan industrimu.

Youtube

YouTube adalah sarana yang sangat baik untuk memasukkan sampel video dari pekerjaan Anda, serta bukti keterampilan komunikasi atau kepribadianmu ke dalam pencarian pekerjaan. Tentu saja, musisi, aktor, guru, konsultan, dan pelatih telah menggunakan situs tersebut selama bertahun-tahun untuk mempromosikan keterampilan mereka.**(RW)

Leave a Reply