Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Pertamina Salurkan Modal Usaha Rp 150 Miliar untuk UMKM

Ilustrasi/Pertamina

Topcareer.id – Pertamina salurkan modal usaha hingga Rp 150 miliar untuk pelaku Usaha Mikro,  Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai wilayah di Indonesia agar bangkit dan mandiri di kala pandemi.

Penyaluran kredit bagi UMKM ini didasari oleh komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan semangat Sustainable Development Goals (SDGs), yakni pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta tenaga kerja penuh dan produktif pada Goal 8 SDGs.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina mewujudkan peran ini melalui Program Kemitraan untuk membantu usaha kecil tumbuh dan berkembang melalui pinjaman modal usaha berbiaya murah.

Pemberian modal usaha dengan jasa administrasi yang sangat rendah, yaitu 3% per tahun ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM untuk bisa berdikari dan mandiri terutama di masa pandemik.

“Pinjaman modal usaha ini diharapkan menjadi stimulus bagi pelaku UMKM agar bisa survive bahkan bisa bangkit dan naik kelas sehingga bisa melewati tantangan pandemi Covid-19,” kata Fajriyah dalam siaran pers, Sabtu (29/8/2020). 

Agar UMKM sukses, lanjut Fajriyah, Pertamina tidak hanya akan menyalurkan pinjaman modal usaha, tetapi juga melakukan pembinaan dan bimbingan usaha.

Pertamina juga akan melakukan seleksi terhadap UMKM yang akan mendapat modal usaha, sehingga dananya bisa produktif dan berkelanjutan, serta sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, yakni UMKM bangkit, mandiri dan berdikari.

Dalam penyaluran kredit ini, Pertamina menggandeng PT Bahana Artha Ventura (BAV), anak usaha dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) yang merupakan salah satu BUMN holding perasuransian dan penjaminan yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG).

“Pertamina membuka kerja sama dari berbagai pihak untuk mendukung pengembangan UMKM. Kami berharap kerja sama ini dapat berjalan baik dan lancar, sehingga dapat berlanjut di masa mendatang,” jelas Fajriyah.

Menurut Fajriyah, Program Kemitraan Pertamina telah dilaksanakan sejak tahun 1993, dan telah menyalurkan bantuan kemitraan kepada lebih dari 63 ribu mitra binaan, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

“Jumlah ini terus meningkat, seiring dengan upaya Pertamina mendukung pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Fajriyah.**(Feb)

Leave a Reply