Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pergi ke Kolam Renang Dengan Aman Selama Pandemi. Ini Caranya

Topcareer.id – Pernahkah kamu bertanya apakah tempat yang kamu kunjungi untuk berenang dan bersantai di air termasuk taman bermain air, dan kolam air panas bisa menularkan virus corona?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyampaikan belum ada ada bukti kuat bahwa SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, dapat menyebar ke manusia melalui air di tempat-tempat tadi.

Virus ini diperkirakan menyebar sebagian besar dari orang ke orang, melalui tetesan pernapasan yang dilepaskan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Tetesan ini bisa hinggap di mulut atau hidung orang yang berada di dekatnya atau mungkin terhirup ke dalam paru-paru.

Baca Juga: Bisakah Terinfeksi Virus Corona Saat Berenang?

Virus mungkin juga menyebar ke tangan dari permukaan yang terkontaminasi dan kemudian ke hidung, mulut, atau mungkin mata. Orang yang terinfeksi dapat menyebarkan virus baik mereka memiliki gejala atau tidak.

Namun bukan berarti kamu bisa pergi ke kolam renang dengan sebebas-bebasnya tanpa protokol kesehatan, ada beberapa tindakan yang wajib kamu lakukan untuk mengurangi risiko tertular atau menyebarkan virus saat kamu pergi ke area kolam renang umum.

Sebelum kamu pergi:

  • Tetap di rumah jika mengalami gejala COVID-19, telah didiagnosis COVID-19, menunggu hasil tes COVID-19, atau baru-baru ini terpapar dengan seseorang yang terjangkit COVID-19.
  • Periksa apakah area kolam renang umum, taman bermain air, atau bak mandi air panas memiliki langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus.
  • Bawalah persediaan yang membantu kamu dan orang lain tetap sehat, misalnya, masker lebih dari satu, pembersih tangan dengan setidaknya 70% alkohol, tisu desinfektan, tisu kering, dan handuk kertas.

Terapkan social distancing di dalam dan di luar air

  • Apakah kamu berada di dalam atau di luar air, tetaplah berada setidaknya satu setengah meter dari orang yang tidak tinggal serumah bersama kamu.
  • Hindari area renang yang terlalu ramai di mana kamu tidak bisa menjaga social distancing dari yang lain.

Kenakan masker

  • Kamu wajib untuk tetap mengenakan masker saat kamu tidak berada di dalam air.
  • Masker sangat penting terutama jika social distancing sulit dilakukan.

Sering mencuci tangan dan hindari berbagi barang

  • Cuci tangan kamu dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, terutama sebelum makan atau minum dan ketika kamu tiba dan meninggalkan area berenang. Jika tidak tersedia, gunakan pembersih tangan dengan setidaknya 70% alkohol dan gosok sampai kering.
  • Hindari berbagi barang, seperti makanan, peralatan, mainan, dan persediaan, dengan orang yang tidak tinggal serumah dengan kamu.
  • Jika kamu tidak membawa masker, pastikan untuk menutupi batuk dan bersin dengan tisu atau bagian dalam siku, lalu buang tisu ke tempat sampah, dan segera cuci tangan, atau gunakan pembersih tangan dengan alkohol minimal 70%.**(RW)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply