Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

15 Kunci Temukan Kebahagiaan di Tempat Kerja (Bagian 2)

Sumber foto: socialworker.com

Topcareer.id – Jumlah karyawan yang tidak bahagia di tempat kerja, melebihi jumlah karyawan yang bahagia, bahkan dua banding satu di seluruh dunia, menurut Gallup.

Berdasarkan studi yang dilakukan di 142 negara yang melibatkan sekitar 180 juta karyawan, hanya 13 persen karyawan di seluruh dunia yang bahagia saat bekerja.

Ya, kamu tidak membutuhkan statistik untuk mengetahuinya. Sengsara di tempat kerja baru saja menjadi gaya hidup.

Lalu, bagaimana jika ini benar-benar terjadi pada dirimu? Bagaimana kamu bisa menyelesaikan tugas pekerjaan meskipun sering merasa tidak ada harapan?

Untuk menjawabnya, cobalah 15 trik ampuh ini yang akan membuat kamu bahagia di tempat kerja.

Bagian kedua dari tulisan.

Berorientasi masa depan
Kamu akan membuat keputusan yang lebih baik dan lebih puas dengan hasilnya, jika kamu tahu bahwa sebagian besar dari apa yang kamu lakukan dalam pekerjaan kamu saat ini masih sesuai dengan rencana dan tujuan jangka panjangmu.

Ucapkan ‘Terima Kasih’
Berdasarkan eksperimen Profesor Francesca Gino dari Harvard Business School dan Profesor Adam Grant dari Wharton School, menerima ungkapan syukur membuat kamu merasakan harga diri yang tinggi, dan pada gilirannya memicu perilaku bermanfaat lainnya terhadap orang yang kamu kenal.

Jadi, daripada hanya mengucapkan “terima kasih” kepada rekan-rekan kerja, kamu juga bisa menjadi proaktif dan meminta umpan balik.

Ambil waktu jeda
Sangat mudah untuk merasa lelah selama hari kerja. Itulah mengapa kamu perlu mengambil waktu sebentar dan bernapas lebih rileks sebelum melanjutkan ke tugas kamu berikutnya.

Sharon Salzberg, penulis Real Happiness at Work, memberi tahu bahwa tanpa jeda waktu dalam menghadapi tuntutan yang terus-menerus, kita tidak akan menjadi kreatif, kompeten, atau ceria.

Karyawan juga perlu mengambil cuti untuk memulihkan tenaga dari tekanan pekerjaan. Ingat, berlibur tidak hanya menghilangkan stres, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan membuat lebih produktif dalam bekerja.

Makan sehat dan tetap terhidrasi
Menurut Shirly Weiss, seorang konselor kesehatan dan nutrisi holistik bersertifikat dan ahli konsultasi untuk Balance Team, menjaga pola makan yang baik dan menjaga diri kamu terhidrasi dengan baik sepanjang hari kerja, dapat membuat perbedaan besar dalam tingkat energi dan sikap kamu.

Jadi, makanlah makanan yang mengandung yogurt, asparagus, madu, tomat, dan ceri. Makan makanan yang menjaga gula darah kamu dalam kisaran normal akan menghentikan sakit kepala dan kelelahan, serta membantu kamu berkonsentrasi lebih baik.

Jadilah terorganisir
Chrystal Doucette menyarankan via Chron.com, memiliki tempat kerja yang teratur akan membantu kamu lebih siap dan bekerja lebih efisien. Hal ini juga dapat meningkatkan kebahagiaan karena meja yang bersih membuat lingkungan kerja tampak tidak terlalu sibuk dan jauh dari pemicu stres.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply