Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jangan Lakukan Ini saat Interview Panel (Bagian 1)

Ilustrasi. Sumber foto: jobisjob.co.ukIlustrasi. Sumber foto: jobisjob.co.uk

Topcareer.id – Sangat mudah untuk diintimidasi saat memasuki wawancara kerja, dan itu terutama terjadi saat dihadapkan dengan banyak pewawancara dalam interview panel. Dalam semua jenis wawancara, persiapan adalah kuncinya, termasuk ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

Wawancara panel memberi banyak orang dalam perusahaan kesempatan untuk mengenal calon karyawan. Jenis wawancara ini sangat lazim di lingkungan perusahaan yang menghargai kerja tim dan kolaborasi.

Berikut beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan selama pandel interview, seperti dalam laman The Ladders.

1. Lupakan nama dan gelar semua orang

Bagian dari persiapan pra-wawancara, yakni harus mencakup mempelajari nama dan gelar dari setiap orang yang akan disertakan dalam wawancara panel. Tanyakan kepada manajer perekrutan sebelumnya siapa saja yang akan hadir, dan luangkan waktumu untuk mengingat mereka saat menuju wawancara. Langkah ini menunjukkan inisiatif dan keseriusan kamu untuk bekerja sama dengan perusahaan.

2. Perkenalkan dirimu hanya kepada orang yang paling senior di panel

Terutama jika kamu adalah tipe pemalu, kamu mungkin tergoda untuk memilih pewawancara tingkat paling senior dan memperkenalkan diri hanya kepada mereka. Namun, setiap orang di panel akan memiliki suara apakah kamu dipekerjakan atau tidak. Jadi, kamu harus meluangkan waktu untuk memperkenalkan diri kepada setiap orang secara individu.

3. Memberi perhatian lebih pada satu orang daripada yang lain

Kamu mungkin akhirnya benar-benar klik dengan satu orang di panel pewawancara daripada yang lain, tetapi kamu harus tetap memberikan perhatian yang sama kepada semua orang. Pastikan untuk terlibat dengan setiap orang di ruangan itu, dan tunjukkan kepada mereka mengapa kamu adalah orang yang harus mereka pekerjakan.

4. Tidak memiliki salinan resume yang cukup

Saat menghadiri wawancara apa pun, membawa salinan cetak resume sangat penting. Jika pewawancara tidak mencetak resume, kamu harus memiliki banyak salinan untuk dibagikan kepada siapa pun di panel yang membutuhkannya.

Jika kamu berpartisipasi dalam wawancara panel virtual, mengirimkan salinan PDF resume melalui email kepada anggota panel sebelumnya adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki informasi ini.

5. Biarkan tekanan menguasaimu

Beberapa perusahaan menggunakan wawancara panel untuk mengukur bagaimana kamu akan menangani berbagai hal saat sedang stres dalam pekerjaan. Banyak orang yang mengajukan pertanyaan berbeda dan menganalisis caramu menjawabnya sebagai lambang tekanan, jadi sangat penting untuk tidak membiarkan mereka melihatmu berkeringat.

Salah satu cara untuk mencegah kegugupan yang dapat menyebabkan kegagalan selama wawancara adalah dengan mempersiapkan sebelumnya.**(Feb)

Leave a Reply