Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jangan Lakukan Ini saat Interview Panel (Bagian 2)

Foto Ilustrasi (Topcareer.id/Pixabay)

Topcareer.id – Sangat mudah untuk diintimidasi saat memasuki wawancara kerja, dan itu terutama terjadi saat dihadapkan dengan banyak pewawancara dalam interview panel. Dalam semua jenis wawancara, persiapan adalah kuncinya, termasuk ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

Wawancara panel memberi banyak orang dalam perusahaan kesempatan untuk mengenal calon karyawan. Jenis wawancara ini sangat lazim di lingkungan perusahaan yang menghargai kerja tim dan kolaborasi.

Berikut beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan selama pandel interview, seperti dalam laman The Ladders.

6. Bertanya gaji pribadi pewawancara

Meskipun berbicara tentang gaji yang akan diterima untuk pekerjaan merupakan hal yang sesuai selama wawancara, jangan menanyakan tentang gaji siapapun yang mewawancaraimu, terutama dalam situasi interview panel di mana orang yang hadir mungkin jumlah gajinya berbeda-beda.

7. Bicara lebih dari mendengarkan, atau lebih banyak mendengarkan daripada bicara

Menyeimbangkan seberapa banyak kamu berbicara dalam sebuah wawancara dengan seberapa banyak kamu mendengarkan bisa terasa seperti berjalan di atas tali.

Kamu ingin menerima apa yang ditawarkan setiap orang di panel, mengajukan pertanyaan jika perlu, dan terlibat, tetapi kamu juga ingin memastikan bahwa kamu tidak memonopoli pembicaraan.

8. Membiarkan ponsel menyala

Ini mungkin tampak tidak perlu dipikirkan, tetapi seperti dalam wawancara satu lawan satu, kamu perlu mematikan ponsel sebelum masuk ke ruang wawancara.

Dalam wawancara panel, kesalahan seperti ponsel berdering di tengah rapat dapat membuat kesan buruk yang dapat merusak peluangmu untuk mendapatkan peran tersebut. Ini menunjukkan kurangnya profesionalisme.

9. Menyombongkan diri

Merupakan aturan praktis yang baik untuk tidak berbohong selama jenis wawancara apa pun. Calon pemberi kerja pasti akan mengetahui cepat atau lambat jika kamu memberikan informasi palsu kepada mereka.

Dalam wawancara panel, jangan tergoda untuk membesar-besarkan kebenaran atau mengisi jawaban atas pertanyaan dengan hal-hal yang menurutmu dapat membuatmu terlihat lebih baik. Kemungkinan, di antara semua orang di panel, seseorang akan dapat mengendus kebohonganmu.

10. Mengabaikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh selama wawancara dapat memberi petunjuk tentang kepribadian dan seberapa serius kamu dengan pekerjaan itu. Bahasa tubuh pewawancara juga dapat membantumu.

Melihat pewawancara yang mengangguk, tersenyum, dan mempertahankan kontak mata saat kamu berbicara, bisa menjadi tanda bahwa mereka benar-benar terlibat dan mendengarkan apa yang kamu katakan.

11. Lupa mengumpulkan informasi kontak semua orang

Tindak lanjut setelah wawancara panel berbeda dari wawancara satu lawan satu. Sebaiknya, hubungi langsung setiap orang dari wawancara panel secara individu dengan email terima kasih untuk mengungkapkan rasa terima kasihmu.

Jika kamu tidak memiliki informasi kontak untuk setiap individu, kamu tidak dapat berterima kasih dengan semestinya kepada mereka.**(Feb)

Leave a Reply