Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makan Keju Bisa Lindungi dan Cegah Gigi Berlubang

Topcareer.id – Mengkonsumsi produk susu sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, dan ini terutama penting untuk kesehatan tulang.

Menurut studi yang diterbitkan dalam General Dentistry 2013, jurnal klinis peer-review dari Academy of General Dentistry (AGD), mengonsumsi keju dan produk susu lainnya dapat membantu melindungi gigi dari gigi berlubang.

Penelitian ini mengambil sampel 68 subjek yang berusia antara 12 hingga 15 tahun, dan penulis melihat pH plak gigi di mulut subjek sebelum dan sesudah mereka mengonsumsi keju, susu, atau yogurt bebas gula.

Baca Juga: Susu Mampu Atasi Pedas, Begini Cara Kerjanya

Tingkat pH yang lebih rendah dari 5,5 membuat seseorang berisiko mengalami erosi gigi, yang merupakan proses yang mengikis enamel (atau lapisan luar pelindung) gigi. “Semakin tinggi tingkat pH di atas 5,5, semakin rendah kemungkinan timbulnya gigi berlubang,” jelas Vipul Yadav, MDS, penulis utama studi tersebut.

Subjek dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak. Peneliti menginstruksikan kelompok pertama untuk makan keju cheddar, kelompok kedua minum susu, dan kelompok ketiga makan yogurt bebas gula.

Setiap kelompok mengonsumsi produknya selama tiga menit dan kemudian dibilas dengan air. Peneliti mengukur tingkat pH mulut setiap subjek pada 10, 20, dan 30 menit setelah konsumsi.

Kelompok yang mengonsumsi susu dan yogurt bebas gula tidak mengalami perubahan kadar pH di mulutnya. Subjek yang makan keju, bagaimanapun, menunjukkan peningkatan yang cepat pada tingkat pH pada setiap interval waktu, ini menunjukkan bahwa keju memiliki sifat anti rongga.

Studi tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kadar pH dari makan keju mungkin terjadi karena peningkatan produksi air liur yang dapat disebabkan oleh tindakan mengunyah. Selain itu, berbagai senyawa yang ditemukan dalam keju dapat menempel pada enamel gigi dan membantu melindungi gigi dari asam.

“Sepertinya produk susu memang bagus untuk mulut,” kata juru bicara AGD Seung-Hee Rhee, DDS, FAGD. “Produk susu tidak hanya menjadi alternatif yang sehat untuk makanan ringan yang mengandung karbohidrat atau gula, tetapi juga dapat dianggap sebagai tindakan pencegahan terhadap gigi berlubang.”**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply