Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Etika Menggunakan Masker di Kantor, Warna Apa yang Baik Saat Rapat?

Topcareer.id – Masker kini menjadi persyaratan utama untuk melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk saat ke tempat kerja alias ngantor. Tapi, bagi pekerja sepertinya perlu mempertimbangkan masker apa yang sesuai dalam kegiatan bekerja.

Sekarang coba pikirkan, bagaimana caranya para pekerja tetap menggunakan masker wajah dalam acara santai bisnis? Apakah sesederhana mengenakan masker bedah biru dan berjalan ke pertemuan dengan atasan atau klien potensial?

Dapatkah pekerja memakai masker dengan logo tim favorit terpampang di atasnya? Mungkin pada hari Jumat, tetapi tidak selalu. Bagaimana dengan motif bunga? Tidak setiap hari.

Baca Juga: Agar Optimal Lindungi Diri dari Virus Corona, Pakai Masker Kain 3 Lapis

Mengutip dari laman The Ladders, etika mengenakan masker di kantor ini tergantung di mana kamu bekerja dan standar pakaian kantor.

“Meskipun beberapa perusahaan dapat mengadopsi kode pakaian kerja dari rumah untuk membuat karyawan tetap nyaman, penting untuk berpikir tentang memilih masker dengan pola pikir yang sama seperti memilih dasi,” kata Will Rose, Kepala Bagian Komunikasi Hargen.AI, kepada Ladders.

Hargen.AI adalah platform wawancara dan perekrutan jarak jauh, di mana Rose banyak berbicara dengan beberapa departemen SDM yang telah menyatakan perubahan dalam sistem kerja perusahaan untuk menghadapi pandemi saat ini.

“Banyak hal yang tampaknya sesuai dengan betapa kasualnya tempat kerja itu. Dalam pengaturan kantor di mana kamu tidak berada di depan pelanggan yang sebagian besar memiliki kode pakaian kasual atau kasual bisnis, tampaknya pemberi kerja sedikit lebih santai tentang jenis masker yang dapat dikenakan jika ada logo atau gambar, atau pola,” jelas Rose.

“Sepertinya pemberi kerja pada umumnya baik-baik saja dengan karyawan yang menunjukkan beberapa tipe kepribadian.”

Ibarat dasi, Rose mengatakan masker bisa menunjukkan kepribadian tapi hanya dalam situasi tertentu. Pada hari-hari di mana pekerja bisa berpakaian santai, masker lucu yang menunjukkan beberapa minat ya tidak masalah jika dikenakan. Tetapi umumnya, pekerja harus mencari masker dengan warna yang netral.

Rose menyarankan untuk mengenakan masker warna gelap atau tunggal untuk kondisi yang lebih serius seperti rapat dengan manajemen atau pimpinan. Masker dengan warna hitam atau model yang sering dikenakan oleh tokoh berita dan orang lain di TV, maka aman digunakan.**(RW)

Leave a Reply