Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lima Makanan yang Bantu Percepat Pemulihan Penyakit

Topcareer.id – Apakah kamu sedang dalam masa pemulihan dari penyakit atau operasi? Perhatikan konsumsi makanan dan minumanmu demi membantu pemulihan. Banyak makanan, termasuk buah, sayur, dan lemak sehat terbukti mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan.

Berikut beberapa makanan penyembuh yang dapat mempercepat pemulihanmu, seperti dikutip dari laman Healthline.

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi, dan lobak Swiss dikemas dengan nutrisi yang bisa mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan, dan meningkatkan penyembuhan luka, menjadikannya pilihan yang tepat untuk mempercepat pemulihan.

Baca Juga: Lima Makanan Yang Bisa Melawan Kerontokan Rambut

Sayuran hijau mengandung vitamin C, mangan, magnesium, folat, dan provitamin A yang tinggi, juga kaya akan antioksidan polifenol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan penunjang kekebalan yang kuat.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa polifenol tertentu, termasuk antioksidan quercetin, yang terkonsentrasi dalam sayuran berdaun hijau, dapat membantu menekan produksi protein inflamasi seperti TNF-alpha.

2. Telur

Setelah operasi, tubuhmu membutuhkan lebih banyak protein daripada yang Recommended Daily Allowance (RDA) saat ini sebesar 0,36 gram per pon (0,8 gram per kg) berat badan. Telur tidak hanya merupakan sumber protein yang sangat mudah diserap, menyediakan 6 gram per telur besar (50 gram), tetapi juga nutrisi yang mendukung kesehatan kekebalan dan penyembuhan luka.

3. Salmon

Salmon dikemas dengan protein, vitamin B, selenium, zat besi, seng, dan lemak omega-3. Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa lemak omega-3 dapat meningkatkan penyembuhan luka, meningkatkan respons kekebalan, dan mengurangi peradangan saat dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Plus, hanya 3 ons (85 gram) salmon hasil tangkapan liar memberikan lebih dari 70% kebutuhan harianmu untuk selenium, mineral yang mengatur peradangan dan respons kekebalan. Meskipun makan salmon kemungkinan aman, kamu harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen minyak ikan sebelum atau setelah operasi.

4. Kerang

Tiram, remis, dan kerang sarat dengan nutrisi – terutama zinc – yang dapat mempercepat pemulihan. Zinc sangat penting untuk fungsi kekebalan yang sehat. Mineral ini juga dapat membantu mempercepat pemulihan dan meningkatkan penyembuhan luka, membuat kerang bagus untuk penyembuhan dari operasi.

5. Berries

Buah beri kaya akan nutrisi dan senyawa tanaman yang dapat membantu mendukung pemulihan tubuh. Misalnya, buah beri memberikan banyak vitamin C, yang mendorong penyembuhan luka dengan merangsang produksi kolagen – protein paling melimpah di tubuh.

Mereka juga mengemas antioksidan seperti antosianin, pigmen tumbuhan yang memberi warna cerah pada buah, selain memberikan efek anti-inflamasi, antivirus, dan penunjang kekebalan.**(RW)

Leave a Reply