Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lima Makanan yang Bisa Melawan Kerontokan Rambut

Ilustrasi. (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Dihydrotestosterone (DHT) adalah hormon yang mirip dengan testosteron yang diduga berkontribusi pada kerontokan rambut pada pria dan wanita. Masalah kerontokan rambut ini kerap mengkhawatirkan hingga bikin tak nyaman.

Tubuh secara alami mengubah sekitar 5% testosteron menjadi DHT menggunakan enzim yang disebut 5-alpha reductase. Dengan memblokir enzim ini, banyak makanan diperkirakan dapat menurunkan produksi DHT dari testosteron dan mencegah kerontokan rambut. Berikut 6 makanan yang dapat melawan kerontokan rambut dengan memblokir DHT, dikutip dari Healthline.

1. Teh hijau

Berasal dari tanaman Camellia sinensis, teh hijau adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Ini termasuk salah satu bahan kimia tanaman utama teh hijau yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang dikaitkan dengan manfaat kesehatan seperti penurunan berat badan, kesehatan jantung, dan kesehatan otak.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Sehari-hari di Kantor

EGCG juga telah terbukti melindungi folikel rambut, bagian kulit yang menumbuhkan rambut, dari rambut rontok yang disebabkan oleh DHT. Saat dioleskan pada kulit kepala tiga pria selama 4 hari, ekstrak alkohol EGCG merangsang pertumbuhan rambut dengan mencegah kematian sel yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan rambut yang disebabkan oleh DHT.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung persentase lemak yang tinggi dari trigliserida rantai menengah (MCT), terutama dalam bentuk asam laurat, yang telah terbukti dapat memblokir produksi DHT dalam tabung reaksi dan penelitian pada hewan jika diberikan secara oral.

Asam laurat, MCT utama dalam minyak kelapa, telah terbukti memblokir produksi DHT dalam penelitian tabung dan hewan, tetapi diperlukan uji coba pada manusia.

3. Bawang (dan makanan kaya quercetin)

Bawang putih mengandung sedikit kalori tetapi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti quercetin. Dalam studi praklinis, quercetin telah terbukti menghambat produksi DHT dari testosteron dengan menghalangi aksi enzim alfa-5 reduktase dan mengurangi stres oksidatif.

Baca Juga: Selain Obat Medis, 5 Makanan Ini Bisa Sembuhkan Flu Dan Demam

Misalnya, bila dikombinasikan dengan obat yang biasa diresepkan untuk mengobati rambut rontok, quercetin terbukti menurunkan produksi DHT pada tikus. Buah dan sayuran lain yang kaya quercetin termasuk asparagus, bayam, kangkung, apel, dan beri.

4. Kunyit

Kunyit terbukti mengurangi rasa sakit akibat radang sendi, meningkatkan kadar kolesterol, dan meningkatkan pemulihan olahraga, di antara manfaat lainnya. Efek ini terkait dengan konsentrasi tinggi senyawa aktif kunyit yang disebut kurkuminoid, yang paling banyak dipelajari adalah kurkumin.

Studi praklinis telah menunjukkan bahwa kurkumin menurunkan kadar DHT dengan memblokir aksi enzim reduktase alfa-5. Namun, apakah hasil ini diterjemahkan ke manusia masih belum diketahui.

5. Edamame

Selain dikemas dengan protein dan serat, kacang edamame mengandung isoflavon, yang merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang dapat menurunkan kadar DHT dengan menghalangi aksi reduktase 5-alfa.**(RW)

Leave a Reply