Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Masa Pandemi Covid-19, Ini Olahraga yang Disarankan untuk Karyawan (Bagian 2)

Topcareer.id – Kamu pasti sudah mengetahui bahwa olahraga itu penting dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun untuk mengahdapi pandemi virus corona.

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, tidak terpaku harus di tempat gym atau lapangan luas, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang banyak sekali pembatasan di luar sana.

Tetapi karena hal ini bukan berarti kamu harus jadi memilih untuk duduk sepanjang hari di kantor selama jam kerja, itu sangat tidak baik untuk kesehatanmu.

Baca Juga: Mitos dan Fakta terkait Olahraga selama Pandemi (Bagian 3)

Perilaku menetap seperti ini berkorelasi dengan kesehatan yang buruk dan dapat meningkatkan risiko kamu mengembangkan segala hal mulai dari menurunnya sistem imun untuk menangkal virus corona hingga penyakit jantung, diabetes dan bahkan kanker.

Meskipun ingin menghindari hasil buruk tersebut, kenyataannya adalah banyak pekerja kantoran yang tidak punya kemampuan dalam menggunakan sebagian waktunya untuk berolahraga.

Coba paksa diri untuk mengatur jadwal kerja mu dan sisihkan sebagian waktu untuk melakukan olahraga sederhana ini di kantor kamu.

Bagian kedua dari artikel:

Duduk di dinding
Tingkatkan kekuatan dan ketahanan tubuhmu dengan gerakan sederhana namun menantang ini. Berdirilah dengan punggung menghadap dinding, lalu geser punggung kamu ke bawah dinding sambil menekuk lutut. Berhentilah saat paha kamu sejajar lurus dengan lantai dan tahan selama 30 hingga 60 detik.

Naik turun kursi
Caranya duduklah di kursi kerjamu, letakkan tangan pada hand rest di tepi kursi, dan geser pantat kamu ke depan sampai lepas dari kursi. Kemudian tekuk lengan kamu dan turunkan diri hingga kira-kira enam inci di bawah kursi. Luruskan lengan kamu untuk bangkit kembali. Ulangi gerakan ini 10 kali.

Calf raises
Ini adalah gerakan betis yang sederhana namun efektif. Berdirilah di dekat meja atau dinding sehingga kamu dapat meletakkan tangan di permukaan itu untuk keseimbangan jika perlu. Angkat tumit kamu dari lantai setinggi mungkin, lalu turunkan kembali secara perlahan ke lantai. Ulangi ini 15 kali. Jika kamu ingin meningkatkan tantangan, pegang sesuatu yang berat di tangan saat melakukan gerakan.

Squat
Ini adalah latihan yang disukai semua orang untuk dibenci, tetapi juga sangat efektif untuk membangun kekuatan tubuh bagian bawah. Bentuk yang tepat sangat penting di sini jika kamu ingin melindungi lutut, jadi pastikan kamu mengetahui cara squat yang baik dan benar sebelum melakukan latihan ini. Setelah yakin, lanjutkan dan gabungkan gerakan ini ke dalam rutinitas olahraga harian lainnya di kantor.

Mengangkat kaki
Saat duduk di depan meja kerjamu, rentangkan satu kaki ke depan kamu dan tahan selama 20 detik, lalu ulangi dengan kaki lainnya. Untuk tantangan tambahan, buat lingkaran kecil dengan ke dua kaki terentang. Buat lima hingga sepuluh lingkaran di kedua arah. Tidak peduli bagaimana kamu melakukan olahraga ini sepanjang hari, itu akan membantumu tetap lebih sehat dan memerangi efek duduk yang ditakuti.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply