Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Masa Pandemi Covid-19, Ini Olahraga yang Disarankan untuk Karyawan (Bagian 1)

Topcareer.id – Kamu pasti sudah mengetahui bahwa olahraga itu penting dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun untuk mengahdapi pandemi virus corona.

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, tidak terpaku harus di tempat gym atau lapangan luas, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang banyak sekali pembatasan di luar sana.

Tetapi karena hal ini bukan berarti kamu harus jadi memilih untuk duduk sepanjang hari di kantor selama jam kerja, itu sangat tidak baik untuk kesehatanmu.

Baca Juga: 9 Masalah Kesehatan yang Biasa Dialami Pekerja Kantoran

Perilaku menetap seperti ini berkorelasi dengan kesehatan yang buruk dan dapat meningkatkan risiko kamu mengembangkan segala hal mulai dari menurunnya sistem imun untuk menangkal virus corona hingga penyakit jantung, diabetes dan bahkan kanker.

Meskipun ingin menghindari hasil buruk tersebut, kenyataannya adalah banyak pekerja kantoran yang tidak punya kemampuan dalam menggunakan sebagian waktunya untuk berolahraga.

Coba paksa diri untuk mengatur jadwal kerja mu dan sisihkan sebagian waktu untuk melakukan olahraga sederhana ini di kantor kamu.

Bagian pertama dari artikel:

Naik turun tangga
Dengan asumsi kantor kamu memiliki akses tangga. Caranya sederhana saja untuk melakukan olahraga kardio ke dalam hari kerjamu di kantor: Setel pengatur waktu sebanyak yang kamu nyaman dan berjalanlah naik dan turun di tangga. Jika ingin sedikit berkeringat, larilah ke atas dan ke bawah secepat mungkin. Apabila tidak ingin pakaian kerja kusut, kamu tetap bisa meningkatkan tensi olahraganya dengan berjalan cepat naik turun tangga.

Pushup
Jika di ruangan kamu memiliki akses ke samping meja atau lantai, maka kamu memiliki akses ke latihan yang kuat untuk otot dada, trisep, otot deltoid, dan lainnya. Lakukan push-up rutin di lantai sebelah neja kerjamu atau rekan kerjamu yang kenal dekat dengan kamu. Jika tidak nyaman, kamu bisa melakukan versi latihan yang lebih halus dan lebih mudah dengan meletakkan tangan kamu di atas meja, menjauhkan kaki dari meja sampai kamu berada pada sudut kira-kira 45 derajat, dan kemudian lakukan modifikasi pushup.

The “magic carpet ride”
Kamu bahkan tidak perlu meninggalkan kursi untuk melakukan gerakan ini. Sambil duduk di kursi, silangkan kaki kamu sehingga kakimu bertumpu di bawah pergelangan kaki. Selanjutnya, letakkan tangan kamu di sandaran lengan kursi, libatkan otot perut kamu, dan angkat tubuh kamu beberapa inci dari kursi. Tahan pose ini selama 10 hingga 20 detik, istirahat, lalu ulangi sebanyak lima kali.

Plank dan side plank
Core training semacam ini selain mudah dilakukan juga merupaka salah satu cara terbaik untuk membangun kekuatan seluruh tubuh dan kebugaran fungsional. Dan gerakan ini tidak memerlukan peralatan di luar tubuhmu sendiri sehingga kamu dapat melakukannya di kantor atau di mana pun. Olahraga ini akan mengencangkan otot inti (perut) kamu bersama dengan otot punggung dan bokong. Tahan setiap posisi selama 30 detik. Untuk hasil terbaik, lakukan setidaknya dua atau tiga set. Jika kamu malu melakukan plank di kantor, kamu masih bisa melatih otot perut sambil duduk di meja. Kontraksikan dan tahan otot perut kamu secara diam-diam selama 30 detik dan ulangi selama beberapa set.**(RW)

Artikel ini bersambung ke bagian ke-2

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply