Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Unpad dan 8 Kampus Indonesia Masuk Daftar Times Higher Education 2021

Kampus Universitas Padjajaran

Topcareer.id – Universitas Padjadjaran kembali memperoleh pengakuan internasional setelah berhasil masuk dalam daftar (listed) The Times Higher Education atau THE World University Rankings 2021 yang dirilis 2 September 2020 lalu.

Dalam peringkat tersebut, hanya ada 9 perguruan tinggi Indonesia tembus THE World University Rankings. Sembilan universitas tersebut, yakni:

– Universitas Indonesia (UI)

– Institut Teknologi Bandung (ITB)

– Universitas Brawijaya

– Universitas Diponegoro

– Universitas Gadjah Mada (UGM)

– IPB

– Universitas Padjajaran

– Institut Teknologi Sepuluh Nopember

– Telkom University

 “Pengakuan internasional memang menjadi salah satu agenda prioritas. Ranking internasional ini merupakan hasil dari proses, output, outcome yang terus meningkat,” kata Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti dalam keterangan persnya.

“Saya cukup bangga sivitas akademika Unpad telah memberikan kemajuan. Alhamdulillah kita listed walaupun targetnya kita tembus 1000 Besar.”

Unpad bersama dengan ITB, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, IPB, ITS, dan Universitas Telkom, berada di peringkat 1000+ dalam peringkat yang disusun organisasi berbasis di Inggris tersebut.

Sementara Universitas Indonesia berada di peringkat 801-1000. Dalam menyusun peringkatnya, THE World University Rankings menilai 5 aspek yang dimiliki perguruan tinggi, yaitu teaching, international outlook, industry income, research, dan citation.

“Itu artinya, kita mengalami peningkatkan di 5 aspek tersebut. Tapi belum cukup, masih perlu ditingkatkan. Prioritasnya adalah riset, publikasi internasional. Meskipun jumlahnya saat ini terus meningkat tetapi karena kita juga punya jumlah dosen dan mahasiswa yang cukup besar sehingga saat dibagi rasio jumlahnya kurang besar,” ujar Rektor.

Selain itu, lanjut Rektor, industry income juga menjadi catatan penting. THE World University Rankings menilai jumlah kerja sama, rupiah yang dihimpun, kinerja satuan usaha.

Dengan demikian, semangat kolaborasi dengan nasional dan internasional harus lebih ditingkatkan, termasuk satuan usaha yang dimiliki Unpad perlu lebih giat menjalin kemitraan strategis di dalam dan luar negeri.**(RW)

Leave a Reply