Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penelitian: Orang Optimis Lebih Panjang Umur

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Sebuah penelitian di Boston menunjukkan bahwa orang-orang yang cenderung optimis lebih mungkin hidup sampai usia 85 tahun atau lebih.

Para peneliti dari Boston University School of Medicine dan The Harvard T.H. Chan School of Public Health berkata bahwa “Penemuan itu tidak tergantung pada faktor lain yang diduga mempengaruhi umur seperti status sosial ekonomi, kondisi kesehatan, depresi, integrasi sosial, dan perilaku kesehatan,”

“Kami ingin mempertimbangkan, dalam masalah saat ini, manfaat sumber daya psikologis seperti optimisme sebagai kemungkinan target baru untuk mempromosikan penuaan yang sehat,” kata Lewina Lee, yang memimpin penelitian tersebut. Dia adalah psikolog penelitian klinis di Universitas Boston. “Semakin banyak kita tahu tentang cara mempromosikan penuaan yang sehat, semakin baik.”

Baca Juga: Adopsi 5 Kebiasaan Ini di Usia 50, Dapat Perpanjang Umur

Para peneliti telah mengetahui dari penelitian sebelumnya bahwa individu yang optimis cenderung memiliki penurunan risiko depresi, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya. Tetapi mungkinkah optimisme juga dikaitkan dengan umur panjang yang luar biasa? Lee melihat catatan medis dari dua studi penelitian jangka panjang – satu melibatkan perawat wanita dan yang lainnya melibatkan pria, kebanyakan veteran.

Penelitian tersebut melibatkan 69.744 wanita dan 1.429 pria. Kedua kelompok menyelesaikan langkah-langkah survei untuk menilai tingkat optimisme mereka, serta kesehatan dan kebiasaan kesehatan mereka secara keseluruhan seperti diet, merokok dan penggunaan alkohol. Dalam survei tersebut, peserta studi ditanya apakah mereka setuju dengan pernyataan seperti “Di waktu yang tidak pasti saya biasanya mengharapkan yang terbaik” atau “Saya biasanya berharap berhasil dalam hal-hal yang saya lakukan.”

Hasil kesehatan dari wanita dalam penelitian ini dilacak selama 10 tahun, sedangkan kesehatan pria diikuti selama 30 tahun. Para peneliti menemukan bahwa pria dan wanita yang paling optimis menunjukkan, rata-rata, umur 11-15% lebih lama, dan memiliki kemungkinan yang jauh lebih besar untuk mencapai usia 85 tahun, dibandingkan dengan kelompok yang paling pesimis.

Optimisme dapat mempengaruhi umur panjang. Orang yang optimis mungkin lebih termotivasi untuk mencoba menjaga kesehatan seperti menjaga pola makan yang layak, melakukan olahraga teratur, dan tidak merokok.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply