Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Lima Alasan Belajar Bahasa Asing Bisa Tingkatkan Karier

Topcareer.id – Mampu berbicara bahasa kedua atau ketiga menunjukkan banyak hal tentang siapa dirimu sebagai pribadi, dari karaktermu hingga etos kerja dan kemampuan untuk berkomitmen pada tugas yang menantang.

Mahir berbahasa asing juga menunjukkan bahwa kamu bersedia untuk beradaptasi dan terbuka terhadap kemungkinan pembelajaran baru. Mempelajari bahasa baru dapat berdampak positif pada kehidupan Anda, tidak hanya dari perspektif pribadi dan sosial, tetapi juga dari perspektif profesional.

Berikut adalah alasan mengapa mempelajari bahasa baru, dapat membantumu meningkatkan karier dengan cara yang tidak terduga dan menyenangkan, seperti dalam laman The Ladders.

1. Kesempatan lebih besar untuk diperhatikan

“Beberapa perusahaan menjalankan bisnis mereka di tingkat global, dan mengetahui bahasa kedua dapat membantu kandidat mendapatkan pekerjaan lebih cepat,” jelas Branka Vuleta, pendiri legaljobsite.net.

Ini juga dapat memberi mereka keuntungan dibandingkan dengan kandidat lain, karena mereka akan dapat membantu perusahaan mereka berkembang lebih cepat dengan berkomunikasi dengan mitra atau manajer global di cabang lain.

2. Meningkatnya peluang mendapatkan pekerjaan di luar negeri

Pergi ke negara lain untuk bekerja dapat bermanfaat baik secara profesional maupun pribadi. Saat kita bepergian, kita pasti akan memperluas pengalaman kita dan mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana orang hidup di lingkungan dan konteks lain.

Menurut Vuleta, memiliki karyawan yang sering bepergian juga membantu perusahaan merekrut dan mempertahankan bakat yang lebih beragam, karena mereka lebih mungkin untuk memahami dan berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

3. Kesempatan bagus untuk gaji lebih tinggi

“Terkadang gaji pasar lokal tidak semenarik yang ditawarkan di tingkat global. Kandidat yang menguasai bahasa kedua dapat memanfaatkan keterampilan mereka, mendapatkan pekerjaan di perusahaan asing, dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada jika mereka bekerja di pasar lokal,” jelas Vuleta.

Menurut travel blogger dan digital nomad Philip Weiss, kamu juga akan memiliki keuntungan besar dibandingkan prospek lain ketika mencari pekerjaan, dan kamu akan dapat menghasilkan banyak uang.

4. Ini memperluas peluang jaringan secara eksponensial

Parviz Malakouti adalah pengacara imigrasi AS yang telah belajar bahasa Persia, Prancis, dan Spanyol saat dewasa. “Manfaat tak terduga dari belajar bahasa Spanyol sangat membantu karier saya,” jelasnya. “Saya dapat membangun jaringan dan terhubung dengan lebih banyak pengacara asing dan mendiskusikan masalah hukum dalam bahasa mereka (Spanyol).”

5. Memperkuat ingatan jangka panjang dan pengambilan keputusan

Jika menurut kamu semua kemungkinan untuk kemajuan karier itu tidak cukup menjadi alasan bagimu untuk belajar bahasa baru, pertimbangkan bahwa pembelajaran bahasa itu baik untuk mengembangkan otak lebih lanjut.

“Penelitian menunjukkan bahwa ada banyak manfaat kognitif sebagai seorang multibahasa, termasuk meningkatkan ingatan jangka panjang, memperkuat pengambilan keputusan, dan menciptakan proses berpikir yang lebih cepat,” tambah Weiss.**(RW)

Leave a Reply