Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Alasan Pentingnya Memberikan Insentif Pada Karyawan

Topcareer.id – Pemberian insentif adalah pendekatan formal untuk menawarkan pengakuan dan penghargaan kepada karyawan karena memenuhi tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Insentif dapat mencakup bonus uang tunai, pembagian keuntungan, tambahan waktu cuti berbayar atau berbagai hadiah seperti voucher dagangan perusahaan atau produk atau layanan lainnya.

Agar menjadi efektif, insentif harus didefinisikan dengan jelas dan diberikan sebagai hadiah yang layak dan berharga untuk beban kerja terkait.

Baca Juga: Tiga Hal yang Dicari Atasan Saat Promosi Karyawan

Berikut ini alasan pentingnya pemberian insentif untuk karyawan.

  • Alat motivasi
    Program insentif tentu akan memotivasi karyawan dalam mendorong dan menantang diri mereka sendiri untuk mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Ini pada akhirnya berarti peningkatan pendapatan untuk perusahaan. Ketika ada rencana pemberian insentif, karyawan akan menyadari bahwa upaya signifikan atas nama mereka akan dihargai. Ini bisa meningkatkan jumlah waktu, tenaga, dan energi yang bersedia diberikan oleh seorang karyawan atas nama perusahaan.
  • Mempromosikan kerja tim
    Rencana insentif yang terkait dengan kerja tim bisa membantu mempromosikan upaya kerja kolaboratif dalam bisnis perusahaan. Staf yang bekerja dalam tim yang secara kolektif bergantung pada produktivitas satu sama lain agar grup menerima bonus atau penghargaan dapat mendukung dan mendorong satu sama lain untuk tampil di level teratas.
  • Penguat moral
    Rencana insentif berpotensi meningkatkan moral dan kepuasan kerja di perusahaan. Karyawan melihat korelasi langsung antara upaya kerja dan potensi penghasilan mereka. Pemberian insentif justru lebih menghemat uang perusahaan terkait dengan perekrutan dan pelatihan staf baru. Selain itu, staf dengan tingkat kepuasan kerja yang tinggi sering kali menunjukkan tingkat absensi yang lebih rendah dan lebih banyak hadir, ini juga dapat membantu meningkatkan laba perusahaan.
  • Meningkatkan layanan
    Karyawan yang bersaing atau berjuang untuk memenuhi tujuan insentif dapat memberikan tingkat layanan yang lebih tinggi kepada klien perusahaan. Ini dapat mendorong bisnis yang berulang, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan reputasi perusahaan. Tingkat layanan yang ditingkatkan juga dapat mendorong bisnis rujukan serta iklan dari mulut ke mulut yang positif.**(RW)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply