Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Pemerintah Siapkan Hotel Bintang 3 untuk Penanggulangan Covid-19

Contoh hasil rapid test corona. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menawarkan hotel kelas bintang 3 bagi dokter maupun tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19.

Selain itu, dukungan hotel tersebut juga diberikan kepada masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala maupun gejala ringan, dan harus melakukan isolasi secara mandiri dengan mengantongi surat rujukan dari puskesmas setempat.

“Akomodasi hotel ini disiapkan untuk menambah kapasitas di luar Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran dan lain-lain,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio di Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Pria yang akrab disapa Wishnu itu menambahkan, pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp 100 miliar yang akan digunakan untuk memenuhi segala fasilitas seperti makan, minum, dan laundry nakes dan pasien setiap harinya.

Baca juga: Soekarno-Hatta, Salah Satu Bandara Paling Aman dari Covid-19

“Dana tersebut bisa mengakomodir kebutuhan 14 ribu pasien selama isolasi mandiri 14 hari, yang akan dimulai pada pekan depan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Menparekraf menjelaskan dukungan hotel untuk isolasi mandiri tersebut akan dilakukan di sembilan provinsi dengan kenaikan kasus positif cukup tinggi pada beberapa pekan terakhir.

Mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua hingga Bali.

Hotel yang akan dipilih pun tidak sembarangan, karena harus dapat melaksanakan protokol kesehatan yang sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan, agar tidak menciptakan klaster baru.

Baca juga: CDC: Masker Bisa Berikan Perlindungan Lebih daripada Vaksin Covid-19

Adapun sejumlah hotel yang telah siap memberikan dukungan bagi tenaga medis dan pasien Covid-19 tersebut meliputi Yellow Hotel, Ibis Hotel, POP! Hotel, Mercure Hotel, Novotel Hotel di Jabodetabek, Ibis di Kota Bali dan Novotel di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Kami juga membuka peluang bagi hotel lain di Indonesia untuk bersama-sama mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19. Tentunya hotel yang ingin bergabung harus memenuhi syarat dan ketentuan sesuai apa yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply