Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

KemenkopUKM Persiapkan Transformasi UMKM Pasca-Pandemi

Salah satu stan Pelaku Usaha Mikro yang menjual kerajinan berbahan bambu. Foto: Topcareer.id/Wulan

Topcareer.id – Kementerian Koperasi dan UKM, berencana merumuskan transformasi UMKM di masa depan. Terlebih setelah kesulitan ekonomi yang disebabkan pandemi Covid-19 diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun depan.

 “Kita perlu menyiapkan UMKM bisa melakukan transformasi secara baik karena kekuatan ekonomi kita sangat tergantung pada UMKM. 99 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM sehingga pemulihan ekonomi nasional tidak bisa dilakukan tanpa memulihkan UMKM,” ucap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam siaran pers, Kamis (17/9/2020).

“Pengangguran akan semakin tajam, kemiskinan akan semakin meningkat apabila UMKM gagal melakukan transformasi,” kata dia.

MenkopUKM menegaskan akan menyiapkan transformasi UMKM agar mampu beradaptasi terhadap berbagai perkembangan, termasuk tranformasi digital dalam produksi dan pemasaran.

Transformasi yang dimaksud adalah untuk menumbuhkan ekosistem pembiayaan, ekosistem perijinan yang lebih mudah, ekosistem kewirausahaan, dan akses kepada pasar yang lebih luas seperti ekspor.

Leave a Reply