Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Stres Akibat Kerja? Lakukan Ini 10 Menit

Foto Ilustrasi Kelelahan Bekerja. Foto: Freepik

Topcareer.id – Bukan lagi rahasia bahwa pekerja kerap alami stres karena pekerjaan. Jika kamu berjuang melalui hari kerja yang penuh tekanan, baik di kantor atau dari remote working, sudah jelas bahwa mungkin ada solusi untuk membantumu merasa lebih nyaman.

Solusi untuk memberi tenaga melalui hari kerja bisa melalui istirahat dan relaksasi. Peneliti dari psikolog di Jerman menemukan bahwa pijat selama 10 menit atau hanya istirahat sepuluh menit dapat meningkatkan relaksasi mental dan fisik.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports ini dilakukan oleh para peneliti di Universitas Konstanz di mana mereka menyelidiki apakah pijatan dapat meningkatkan keadaan relaksasi fisiologis dan psikologis, juga dikenal sebagai sistem saraf parasimpatis (PNS), sesuatu yang sering terjadi di bawah tekanan selama hari kerja.

“Untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik tentang efek negatif stres, kita perlu memahami kebalikannya, relaksasi,” kata Jens Pruessner, kepala laboratorium Neuropsikologi dan Profesor di Cluster of Excellence di Universitas Konstanz, dalam siaran pers, mengutip The Ladders.

“Terapi relaksasi sangat menjanjikan sebagai cara holistik untuk mengatasi stres, tetapi penilaian ilmiah yang lebih sistematis dari metode ini diperlukan.”

Baca juga: Kemnaker: 9 Juta Pekerja sudah Terima Subsidi Gaji Dari Pemerintah

Disebut-sebut sebagai pendekatan standar pertama untuk mengatasi relaksasi mental dan fisik melalui stimulasi sentuhan, peneliti meminta partisipan untuk mengambil bagian dalam dua pijat sepuluh menit yang berbeda.

Yang pertama adalah pijat kepala-dan-leher yang menargetkan PNS. Area fokus kedua adalah leher dan bahu, yang ditargetkan untuk melihat apakah gerakan lembut mengelus dapat merangsang relaksasi secara ketat melalui sentuhan.

Selain itu, kelompok kontrol tidak menerima rangsangan sentuhan dan diperiksa untuk melihat peran istirahat. Peserta juga diminta untuk mengisi “Kuesioner Sentuhan Sosial,” yang digunakan untuk menilai bagaimana perasaan mereka tentang sentuhan pada skala poin.

Dengan menggunakan monitor detak jantung, para peneliti menentukan bahwa 10 menit istirahat atau pijat mengurangi stres baik secara psikologis maupun fisiologis. Peserta dari semua kelompok mengatakan mereka merasa lebih rileks dan tidak terlalu stres dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Ingin Lancar Interview Kerja? Coba Buat Cheat Sheet Sebagai Panduan

“Kami sangat terdorong oleh temuan bahwa ketidakterikatan dalam waktu singkat cukup untuk merilekskan tidak hanya pikiran tetapi juga tubuh,” kata Maria Meier, seorang mahasiswa doktoral dan penulis pertama studi tersebut.

“Kamu tidak membutuhkan perawatan profesional untuk bersantai. Memiliki seseorang dengan lembut membelai bahumu, atau bahkan hanya mengistirahatkan kepala di atas meja selama sepuluh menit, adalah cara yang efektif untuk meningkatkan mesin relaksasi fisiologis tubuhmu,” tambahnya.**(Feb)

Leave a Reply