Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Fotografer Ini Gambarkan Kengerian akibat Covid-19

Dok/Covid19.go.id

Topcareer.id – Fotografer Arbain Rambey baru-baru ini membagikan pengalamannya saat memotret pemakaman jenazah Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Lewat karyanya, pensiunan wartawan foto Harian Kompas itu ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa Covid-19 itu benar-benar ada.

“Sebagai fotografer jangan mengambil yang receh-receh, seperti anak-anak muda yang disuruh push up karena tidak menggunakan masker. Potretlah semua yang bisa memberikan penerangan kepada orang lain,” ujarnya di Gedung BNPB Jakarta, Sabtu (19/9/2020).

Sebagai contoh, ia mengambil potret dua buah mobil ambulance yang berdekatan di kavling khusus muslim. Di sini ia ingin menunjukkan bahwa ada banyak korban yang harus kehilangan nyawa, karena virus yang ironisnya sering dianggap remeh.

“Betapa mengerikan situasinya saat motret di sana. Saking padatnya ambulance yang satu belum selesai, sudah datang lagi ambulance baru,” ungkapnya

Selain itu, Arbian juga mengabadikan momen kerumunan keluarga pengantar jenazah Covid-19 yang mengikuti proses pemakaman dari jarak 50 meter dari lubang galian. Hal inilah yang menurutnya bisa berpotensi menjadi klaster baru.

Dengan karyanya ini, Arbian berharap para fotografer dapat mengambil gambar yang bisa dijadikan pelajaran bagi masyarakat, dan menggambarkan fakta bahwa covid-19 itu memang ada dan berbahaya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply