Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Rahasia Mengubah Sibuk menjadi Produktif

Dok. Construction Executive

Topcareer.id – Dalam bekerja, kamu merupakan orang yang sibuk atau produktif? Mungkin perbedaannya tidak terlalu terlihat, tetapi jika kamu paham betul apa itu sibuk dan apa itu produktif, maka kamu akan menyadarinya.

Menjadi sibuk adalah tentang bekerja lebih keras, sementara menjadi produktif adalah tentang bekerja lebih cerdas.

Nah, jika kamu sudah bisa memahami itu semua, kamu pasti bisa mengubah kesibukanmu menjadi sesuatu yang produktif, berikut perubahan yang bisa kamu lakukan.

Prioritaskan apa yang penting
Pisahkan tugas mana saja yang penting dan kurang penting, setelah itu pisahkan lagi mana tugas penting yang harus segera diselesaikan, dan mana yang bisa dilakukan setelahnya. Ini kunci utama untuk menjadi lebih produktif daripada hanya sekedar sibuk.

Pelajari cara mengatakan “tidak” pada hal-hal yang tidak penting
Akan selalu ada ajakan menyenangkan yang orang ingin tawarkan kepada kamu. Namun, jika itu bukan sesuatu yang berhubungan dengan prioritas akhir kamu, tidak apa-apa untuk mengatakan tidak.

Baca juga: Ini Bedanya Orang Sibuk dan Orang Produktif (Bagian 1)

Buat jadwal dan pertahankan
Tidak hanya jadwal kerja yang harus kamu set dengan baik, bahkan waktu istirahatmu setelah jam kerja pun juga harus kamu set sebaik mungkin agar kamu tidak hanya sibuk sendiri di rumah, dan bisa mendapat waktu tidur serta istirahat yang cukup.

Buat template dan gunakan
Banyak template manajemen waktu yang baik untuk digunakan dan mengubah kesibukan menjadi produktivitas. Pilihlah satu metode yang paling nyaman bagi kamu, dan gunakan terus secara berulang agar konsisten.

Lakukan pekerjaan yang ditakuti dulu
Mungkin terdengar absurd, tetapi ada benarnya dan bisa berfungsi dengan baik. Pilih satu tugas penting yang kamu takuti dan selesaikan terlebih dahulu. Salah satu aspek inti dari menjadi sibuk adalah menghindari pekerjaan menakutkan yang tidak ingin kamu lakukan.

Fokuslah pada satu proyek pada satu waktu
Multitasking adalah mitos yang menipu. Apa yang terasa seperti hiper-produktivitas sebenarnya adalah produktivitas yang terganggu. Daripada melakukan banyak tugas sekaligus, mulailah fokus pada satu proyek di satu waktu.

Baca juga: Ini Bedanya Orang Sibuk dan Orang Produktif (Bagian 2)

Jadwalkan istirahat
Hampir semua orang bekerja sering kali merasa bersalah tentang istirahat, karena berpikir bahwa istirahat memutus tali produktivitas. Padahal kenyataannya istirahat sangat penting untuk produktivitas.

Namun, ada baiknya untuk membuat waktu istirahat seperti membuat janji, rapat, tugas, atau rutinitas olahraga. Sehingga semua jadwal pentingmu tidak terganggu dan kamu mendapat penyegaran.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply