Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Benarkah Permen Karet Bisa Turunkan Berat Badan?

Dok/Prevention

www.topcareer.id – Banyak orang percaya bahwa permen karet adalah alat untuk menurunkan berat badan secara efektif. Beberapa melaporkan permen karet membantu menjauhkan mereka dari makan sembarangan. Apa benar?

Mengutip dari Healthline, meskipun tidak semua penelitian setuju, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat menawarkan manfaat penurunan berat badan seperti berikut.

1. Dapat membantumu mengurangi rasa lapar

Aktivitas mengunyah dapat mengurangi rasa lapar, membuatmu merasa lebih kenyang, dan membantu meminimalisasi keinginan untuk terus makan atau ngidam, terutama untuk makanan ringan. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, mengunyah permen karet mengurangi rasa lapar dan mengidam setelah puasa 10 jam seefektif meminum minuman kaya kalori.

Dalam penelitian lain, sebagian peserta diminta untuk mengunyah permen karet tanpa gula selama 30 menit setelah makan. Pengunyah permen karet dilaporkan merasa lebih kenyang daripada non-pengunyah permen karet dalam waktu 5 menit setelah mulai mengunyah.

Tidak semua penelitian mengamati temuan serupa. Oleh karena itu, mengunyah permen karet mungkin bukan cara yang efektif untuk mengurangi rasa lapar atau asupan makanan untuk semua orang. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi keinginanmu untuk makan buah, yang kemungkinan dapat menurunkan kualitas diet secara keseluruhan.

Baca juga: Tips Negosiasi Gaji Ala HRD Bank Asing

2. Dapat membantumu konsumsi lebih sedikit kalori

Beberapa orang suka mengunyah permen karet di antara waktu makan, karena mereka percaya permen karet membantu menurunkan berat badan dengan membantu mereka mengonsumsi lebih sedikit kalori di siang hari.

Dalam sebuah penelitian, peserta yang mengunyah permen karet antara sarapan dan makan siang bukan hanya merasa tidak terlalu lapar di antara waktu makan, tetapi juga makan sekitar 68 kalori lebih sedikit saat makan siang daripada mereka yang tidak mengunyah permen karet.

Demikian pula, penelitian lain menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setelah makan dapat membantumu makan hingga 10% lebih kecil dari porsi camilan 3 jam kemudian daripada jika tidak mengunyah permen karet.

3. Dapat membantu membakar lebih banyak kalori

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa aktivitas mengunyah permen karet dapat membantu membakar beberapa kalori tambahan. Dalam sebuah penelitian kecil, peserta yang mengunyah permen karet sebelum dan setelah sarapan membakar sekitar 3–5% lebih banyak kalori dalam 3 jam setelah makan, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah permen karet.

Dalam studi lain, mengunyah permen karet setelah makan meningkatkan thermogenesis yang diinduksi diet (DIT), yaitu jumlah kalori yang dibakar melalui pencernaan. Namun, jumlah kalori ekstra yang dibakar tetap sangat kecil, dan hanya makan makanan yang sama lebih lambat bahkan lebih efektif dalam meningkatkan DIT daripada mengunyah permen karet.**(Feb)

Leave a Reply