Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Kesalahan yang Sebabkan Kamu Sulit Mendapat Pekerjaan

Topcareer.id – Kamu mungkin memiliki semua keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi pada prakteknya, semua berantakan.

Mungkin kamu bahkan tidak pernah mendapatkan kesempatan wawancara, atau mungkin kamu mendapat kesempatan wawancara, tetapi kamu tidak pernah mendengar kabar dari perusahaan lagi.

Ini bisa membuatmu frustasi ketika kamu merasa telah melakukan segalanya dengan benar, tetapi kamu masih belum juga dipekerjakan.

Baca Juga: Gagal Wawancara Kerja? Jangan Menyerah. Lakukan 5 Hal Ini

Jika kamu mengalami hal ini coba perhatikan kembali apakah ada yang salah? Berikut ini 5 kesalahan yang mungkin salah satunya telah kamu lakukan sehingga menghambat jalanmu.

1) Bergerak terlalu lambat

Bagi sebagian perusahaan ada yang suka bergerak dengan cepat, misalnya setelah memposting iklan lowongan, perusahaan langsung mewawancarai tiga orang pertama dengan resume yang membuat mereka tampak berkualitas. Memang tidak setiap perusahaan bekerja seperti itu, tetapi jika kebutuhan untuk mengisi posisi di perusahaan mendesak, maka timing akan menjadi penting. Melamar segera setelah pekerjaan terdaftar, itu akan memperjelas bahwa kamu terlibat dan serius untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

2) Salah melamar

Banyak orang yang memenuhi syarat, tidak pernah mendapatkan wawancara karena surat lamaran dan resume mereka tidak memuaskan. Itu bisa jadi karena sesuatu yang jelas seperti kesalahan ejaan, tetapi bisa juga karena kamu tidak membahas pekerjaan tertentu di surat lamaran. Sesuaikan setiap aplikasi, dan pastikan kamu menjawab apa pun yang diminta dalam iklan lowongan. Jadi perhatikan resume kamu, jangan hanya gunakan satu resume secara general untuk seluruh lamaran kerja.

3) Meninggalkan rasa tidak enak

Kadang interview pertama telah berjalan dengan baik, tetapi ada satu baris atau komentar menonjol bagi perekrut sesudahnya. Mungkin kamu menjelek-jelekkan atasan atau perusahaan kamu sebelumnya atau mengatakan sesuatu yang mengibarkan bendera merah seperti ketidaksediaan kamu ketika perusahaan menginginkan didahulukan atas segalanya di atas keperluan pribadi kamu.

4) Tidak mengucapkan terima kasih

Kedengarannya konyol dan sepele, tetapi ketika seseorang tidak mengatakan atau mengirim ucapan terima kasih setelah wawancara, itu akan membuat perusahaan mempertanyakan kompetensi dasar mereka. Ini sebetulnya mudah dilakukan dan merupakan tata krama yang pantas. Tidak melakukannya memang tidak selalu mematikan peluang kamu, tetapi itu bisa menjadi faktor penentu jika kamu menghadapi saingan untuk pekerjaan itu.

5) Tidak meminta tolong pada referensi kamu

Referensi itu penting, pastikan kamu selalu meminta ijin dan memberi tahu referensi kamu bahwa kamu sedang menunggu panggilan kerja baru. Oleh karena itu diperlukan hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan kantor kamu sebelumnya. Sehingga ketika perusahaan yang kamu lamar melakukan pengecekan terhadap dirimu melalui referensi kamu, mereka akan menerima penjelasan baik yang bisa membantumu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply