Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

7 Cara Isolasi Mandiri Yang Benar Ala dr Reisa

Dok/Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional

Topcareer.id – Sebagai seseorang yang dicurigai atau telah terinfeksi virus corona, penting sekali melakukan isolasi mandiri. Hal ini dilakukan guna mencegah virus tersebut menyebar semakin luas.

Meskipun begitu, menurut Juru bicara penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro, isolasi tersebut harus dilakukan dengan tepat dan benar, berikut langkahnya.

Pertama, selalu memakai masker selama melakukan isolasi dan cuci sendiri masker yang dipakai. Apabila kamu menggunakan masker sekali pakai, setelah 4 jam buanglah masker tersebut ke tempat sampah dengan membungkusnya terlebih dahulu.

Kedua, jika ada gejala sakit seperti demam, batuk dan bersin, tetaplah berada di tempat isolasi. Jangan pergi keluar ruangan isolasi tersebut sampai masa penularan selesai.

Baca juga: Robot Hewan Peliharaan untuk Hilangkan Kesepian Lansia yang Sedang Diisolasi

Ketiga, manfaatkan fasilitas telemedis atau konsultasi online dengan pakar kesehatan. Beritahu petugas medis tentang keluhan dan gejala serta riwayat berpergian. Apabila ada riwayat kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, jangan lupa untuk menginformasikannya juga.

Keempat, selama berada di tempat isolasi, pastikan kamar kamu harus terpisah dari anggota keluarga lainnya. Selain itu pastikan juga untuk selalu jaga jarak 1 sampai 2 meter, tidak memakai peralatan makan, mandi dan tempat tidur yang sama dengan anggota keluarga yang lainnya.

Kelima, rutin cek kondisi tubuh dengan mengukur suhu, denyut nadi dan tekanan darah. Usahakan untuk mengatur jam keluar ke ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap paginya sekitar 15-30 menit.

Keenam, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, olahraga rutin dan teratur, tenangkan pikiran dan jiwa kita. Kemudian jangan lupa juga untuk menerapkan etika batuk dan bersin yang baik, yaitu dengan menutup mulut dan hidung menggunakan siku bagian dalam.

Baca juga: Pemerintah Siap Kerja Sama dengan Hotel Swasta untuk Tempat Isolasi Mandiri

Ketujuh, jaga kebersihan dan kesehatan di rumah. Pastikan kamu rutin membersihkan seluruh permukaan benda-beda yang ada di ruang isolasi dengan cairan disinfektan yang tepat dan sesuai dengan peruntukannya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply