Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

5 Tips Jaga Kesehatan Mata Saat WFH

Topcareer.id – Pandemi virus corona telah menyebabkan banyak karyawan melakukan aktivitas bekerja dari rumah atau WFH.

Saat WFH kamu akan lebih fleksibel dalam mengatur pola kerja kamu, namun jangan lupa kesehatan mata juga harus diperhatikan.

Banyak orang selama WFH terlalu fokus menyelesaikan pekerjaan di depan layar laptop atau komputer. Hal ini bisa menyebabkan kelelahan pada mata dan mengganggu kesehatan mata.

Baca Juga: Benarkah Kacamata Bisa Lindungi Kamu dari Covid-19?

Dr. Jason Stahl, seorang dokter mata dan ahli bedah refraksi dengan Durrie Vision, memberikan lima tips untuk mengurangi ketegangan mata digital, sebagai akibat terlalu lama fokus pada layar dalam jarak dekat maupun jarak menengah.

Berikut tipsnya:

1) Posisi monitor

Monitor kamu harus diposisikan sedikit ke bawah dari ketinggian mata dengan jarak sekitar sepanjang lengan kamu, untuk mengurangi intensitas cahaya dan tekanan pada mata.

2) Sesuaikan kecerahan layar, kontras

Layar yang bersinar lebih terang daripada lingkungannya memaksa mata untuk bekerja lebih keras. Cobalah untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan tingkat cahaya ruangan dan tingkatkan kontras untuk mengurangi ketegangan mata. Waktu dan cuaca yang berbeda dapat memengaruhi pengaturan ini, menurut American Academy of Ophthalmology.

3) Batasi kesilauan

Hindari silau dari jendela dan cahaya sebanyak mungkin dan gunakan lapisan layar monitor anti-glare jika memungkinkan.

5) Latih mata kamu

Ambil waktu setiap 20 menit untuk berhenti menatap layar monitor setidaknya selama 20 detik dan fokuskan mata kamu pada sesuatu yang berjarak setidaknya 6 meter. Ini akan mendorong otot-otot di mata kamu untuk rileks dan dapat membantu mengurangi kelelahan.

6) Jangan lupa berkedip

Biasanya, mata secara alami berkedip setiap 4 detik, tetapi beberapa penelitian menunjukkan penurunan ini lebih dari 50% saat menatap layar komputer atau perangkat digital lainnya. Usahakan untuk berkedip sesering mungkin, yang akan membantu menjaga kelembapan mata dan menghindari mata kering.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply