Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tanda-tanda Kamu Seorang Overthinker dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi: aconsciousrethink.com

Topcareer.id – Mungkin sulit untuk mengetahui kapan kamu memikirkan hal dengan tidak berlebihan, atau saat kamu terlalu banyak berpikir dan membuat hidupmu lebih sulit.

Untuk lebih mengenali dan memahami dirimu apakah kamu overthinking atau tidak, berikut beberapa tanda umumnya:

  • Terlalu sibuk menganalisis segalanya
    Apakah kamu menemukan dirimu saat hendak membuat keputusan, kamu menganalisis apapun untuk setiap skenario yang mungkin terjadi. Bahkan, pikiranmu menjadi liar dan tidak bisa dikendalikan. Ini salah satu menjadi pertanda besar dari overthinking.
  • Tidak bisa tidur nyenyak
    Terlalu banyak berpikir dapat memengaruhi waktu dan kuakitas tidur kamu, cukup masuk akal jika berjuang melawan insomnia adalah salah satu tanda umum dari terlalu banyak berpikir.
  • Sering sakit kepala
    Sakit kepala bisa sering terjadi saat kamu terlalu banyak berpikir dan merenung secara teratur. Itu bisa berasal dari akibat aktivitas mengencangkan otot rahang saat kamu overthinking. Jika ini berlangsung terus-menerus, maka dapat menyebabkan migrain.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sebut Berpikir Positif Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Bagaimana cara berhenti berpikir berlebihan

Jika kamu merasa terlalu banyak berpikir dan hal itu telah memengaruhi hidupmu, atau menambah stres dalam keseharian kamu, sebaiknya kamu coba untuk menyadari apa yang menyebabkan kamu overthinking.

Hal ini akan membantu kamu menghentikannya. Jika kamu terlalu banyak memikirkan satu hal tertentu dalam hidup, coba telaah lebih dalam, apakah kamu sudah melampaui apa yang secara realistis dapat terjadi, atau apakah ada sejumlah tekanan yang berperan di sana?

Inilah saatnya untuk lebih sadar dan hadir dalam kehidupan sehari-harimu. Tarik pikiran itu ke saat ini daripada terlalu mengkhawatirkan hari esok.

Perhatian adalah cara yang bagus untuk tetap fokus dan memahami apa yang selama ini menyebabkan kamu terlalu banyak pikiran.

Terkadang, terlalu banyak berpikir memang bisa jadi hal baik, dan yang sebaiknya kamu lakukan adalah menuliskan semuanya.

Ini memungkinkan kamu untuk mencegahnya membuat dirimu stres dan mengacaukan pikiran, sekaligus memberikan dirimu lebih banyak kejelasan sehingga kamu terhindar dari overthinking.

Melalui penjurnalan, kamu bisa mengetahui di mana kamu akan menganalisis berbagai hal, dan mencari tahu mengapa kamu terlalu banyak berpikir.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply