Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Mengatasi Insecure di Tempat Kerja

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Banyak orang dalam dunia kerja merasa dirinya tidak aman atau insecure secara mental. Sebetulnya tujuan dari menghadapi insecure bukan untuk menghindari perasaan tidak aman, tetapi untuk memanfaatkannya.

Rasa tidak aman berasal dari persepsi kamu tentang siapa dirimu, versus siapa yang kamu inginkan.

Sebagai konsultan, bankir, wiraniaga, atau jurnalis sekalipun, kamu pasti pernah mengalami rasa tidak aman saat atasan kamu membandingkan pencapaianmu di depan umum.

Berikut ini beberapa poin yang bisa kamu perhatikan agar rasa insecure kamu bisa teratasi.

  • Terima
    Izinkan diri kamu merasa tidak aman. Kamu tidak bisa menghentikan kritik yang terus terbayang di pikiranmu.
  • Bersikaplah objektif
    Setelah kamu bisa ikhlas menerima perasaan insecure kamu, kurangi subjektivitas saat menghadapinya. Kamu akan segera menyadari bahwa rasa ketidakamanan itu berasal dari perspektif sementara yang jauh dari kenyataan.
  • Fokus
    Temukanlah tujuan yang lebih besar dari diri kamu dan target pekerjaanmu.
  • Beri waktu
    Kamu membutuhkan waktu untuk mempelajari keterampilan baru. Ketika kamu gagal, kamu perlu waktu untuk bangkit, bertindak, dan berhasil.
  • Vokalisasi
    Ucapkan ketakutan kamu. Vokalisasi membantu membuang ketakutan yang tidak rasional dan tidak disebutkan namanya, sambil menilai dampak aktual dari hasil buruk.
  • Menulis
    Tuliskan tujuan jangka pendek untuk membawa kamu ke skenario kasus terbaik. Misalnya, tetapkan target penjualan untuk bulan ini. Di sebelahnya, tuliskan pencapaian sebelumnya.
  • Ikatan
    Temukan mentor untuk mengajari kamu seluk-beluknya. Selain belajar, hubungan guru-murid bisa mengusir ketakutan. Terlibatlah dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan rekan kerja untuk meningkatkan ikatan.
  • Hilangkan stres
    Jadwalkan satu hal menarik setiap hari untuk dinantikan. Aktivitas seperti itu mengalihkan fokus, memberi energi kembali pada otak kamu, dan membantu menghapus emosi negatif.
  • Olahraga
    Olahraga bisa membantu mengurangi kecemasan di tempat kerja. Pikiran manusia dirancang sedemikian rupa sehingga kebugaran yang datang dengan olahraga bisa mengusir rasa tidak aman. Jadi, bangunlah lebih awal dan biarkan endorfin kamu mengalir selama berolahraga.**(Feb)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply