Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Menjawab ‘Bagaimana Gaya Kerjamu?’ Saat Interview Kerja

Dok. Money Crasher

Topcareer.id – Macam-macam pertanyaan yang muncul saat wawancara kerja, dan semuanya tampak lebih menakutkan. Salah satunya “Bagaimana gaya kerja yang kamu miliki?” yang sering ditanyakan perekrut saat wawancara. Ketahui cara menjawabnya agar kamu sukses melalui pertanyaan ini.

Mengutip The Ladders, cara terbaik untuk bersiap menjawab pertanyaan wawancara umum ini adalah dengan mencari tahu sebelumnya apa sebenarnya gaya kerjamu.

Berlatih meringkas poin-poin penting secara ringkas sambil menyoroti apa gaya kerjamu dapat membawa ke peran khusus ini.

Bagaimana gaya kerjamu?

Jika kamu belum mengetahui gaya kerjamu, kamu mungkin ingin memeriksa area berikut untuk lebih memahami cara terbaik saat kamu bekerja.

  • Kolaborasi: Apakah kamu bekerja paling baik dalam tim atau secara mandiri?
  • Akurasi: Bisakah kamu memenuhi tenggat waktu dan tujuan dengan mudah?
  • Struktur: Apakah kamu melakukan banyak tugas dengan baik atau kamu lebih suka menangani satu proyek dalam satu waktu?
  • Komunikasi: Seberapa nyaman kamu menerima feedback, menanggapi kritik, dan berbicara ketika kamu membutuhkan bantuan?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu mengatasi topik dalam wawancara dengan mudah, sambil juga memberikan pewawancara beberapa wawasan tentang siapa dirimu di tempat kerja.

Baca juga: Tips Memilih Dasi untuk Wawancara Kerja

Kerjakan pekerjaan rumahmu

Jika kamu mengetahui sedikit tentang perusahaan tempatmu wawancara, maka kamu akan lebih siap untuk menjawab pertanyaan tentang gaya kerja sambil menyoroti bagaimana gaya kerjamu yang akan cocok dengan budaya perusahaan.

Kamu dapat menjelajahi situs web perusahaan, mengintip platform jejaring sosial anggota tim, dan bahkan melakukan penelusuran cepat di Google untuk melihat apa nilai inti mereka. Setelah mengetahui lebih banyak tentang perusahaan, kamu dapat menyesuaikan jawaban untuk pertanyaan wawancara ini.

Bersikaplah spesifik

Menggunakan balasan klise untuk menjawab pertanyaan tentang gaya kerjamu mungkin terlihat bagus, tetapi kamu tidak ingin menggeneralisasi gaya kerja secara berlebihan saat ditanyai secara langsung. Hanya mengatakan bahwa kamu “sangat efisien” atau “pekerja keras” tidak akan membuat pewawancara terkesan.

Untuk menjawab pertanyaan terbaik, kamu harus spesifik dalam jawabanmu dan memberikan pewawancara informasi yang cukup sehingga mereka bisa memahami bagaimana kamu bisa menangani hari-hari di tempat kerja mereka.

Baca juga: Tujuh Bahasa Tubuh yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara Video

Berikan contoh

Jika kamu memiliki pencapaian untuk disoroti dalam jawabanmu, jelaskan tentang langkah-langkah yang kamu ambil untuk mencapai tujuan itu. Sejalan dengan itu, jika kamu mengatakan bahwa kamu bekerja paling baik dalam sebuah kelompok, kamu dapat memberikan contoh tentang sesuatu yang kamu bantu untuk dicapai oleh tim.

Saat memberikan contoh khusus kepada pewawancara tentang bagaimana keterampilanmu terkait komunikasi, akurasi, struktur, dan kolaborasi telah menghasilkan kesuksesan di pekerjaan sebelumnya, hal itu memberi mereka sedikit wawasan tentang tingkat produktivitasmu di tempat kerja.**(Feb)

Leave a Reply