Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Setengah Perekrut Inginkan Kandidat Lakukan Ini pada Resume-nya

Ilustrasi: Study365

Topcareer.id – Survei dari Cereer Builder menunjukkan bahwa lebih dari separuh manajer perekrutan setuju bahwa jika kamu menyesuaikan resume atau meng-customize untuk posisi yang kamu lamar, ini dapat membantumu lolos ke tahap wawancara.

Salah satu faktor kunci dari resume yang bagus adalah resume yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Kedengarannya seperti tugas yang sulit, tetapi ini adalah proses yang cukup sederhana jika kamu memecahnya menjadi beberapa langkah.

Inilah tepatnya cara memenuhi resume untuk pekerjaan tertentu menurut laman Medium dan mengapa melakukan ini dapat membantumu sampai ke tahap wawancara.

Mengapa menyesuaikan resume penting?

Menyesuaikan resume dengan pekerjaan yang ingin dilamar dapat membantumu mendapatkan wawancara karena ini menunjukkan kepada pembaca bahwa kamu peduli dan bahwa kamu bersedia meluangkan waktu dan upaya untuk menyesuaikan resume untuk pekerjaan tertentu ini.

Selain itu, ini membantu pembaca memvisualisasikan dirimu dalam peran tersebut dan melihat nilai yang akan kamu bawa sebagai kandidat.

Baca juga: Tujuh Bahasa Tubuh yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara Video

Langkah pertama

Menulis resume yang bagus adalah mencari tahu apa yang kamu inginkan dari kariermu. Kamu mungkin berpikir bahwa langkah pertama untuk memajukan karier adalah memiliki resume yang bagus, tetapi untuk membuat resume yang paling sesuai untukmu, kamu perlu memutuskan apa yang ingin kamu peroleh dari itu. Mengapa? Karena resume yang benar-benar bagus disesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Jika kamu tidak tahu jenis pekerjaan apa yang akan dilamar, kamu tidak dapat menggunakan kata dan frasa yang benar untuk memastikan bahwa kamu sesuai dengan persyaratan pekerjaan.

Mengapa harus meluangkan waktu menyesuaikan resume untuk setiap pekerjaan yang dilamar?

Rata-rata, setiap lowongan pekerjaan perusahaan menarik 250 resume. Dari kandidat ini, empat hingga enam akan dipanggil untuk wawancara dan hanya satu yang akan ditawari pekerjaan itu.

Dengan jumlah pelamar yang meningkat, banyak manajer perekrutan dan perekrut menggunakan sistem pelacakan pelamar, atau melakukan pencarian kata kunci untuk menentukan apakah kandidat memenuhi syarat.

Pencarian kata kunci adalah cara mudah untuk menentukan apakah perlu meluangkan waktu untuk melihat resume atau tidak.

Baca juga: Ingin Mengubah Jalur Kerja? Berikut Tips Saat Wawancara Kerja

Bagaimana memenuhi resume untuk pekerjaan tertentu?

Cara terbaik untuk memastikan bahwa kamu muncul di penelusuran kata kunci adalah dengan memeriksa deskripsi pekerjaan yang kamu minati untuk melamar dan mengintegrasikan kata-kata dan frasa kunci tersebut ke seluruh dokumenmu.

Apakah deskripsi pekerjaan yang kamu inginkan menggunakan kata atau frasa kunci yang dapat kamu gunakan dalam resume? Apakah deskripsi pekerjaan memiliki cara yang lebih fasih dalam menyampaikan salah satu tugas pekerjaanmu?

Lihat contoh para profesional industri berbicara tentang pekerjaan dan memanfaatkannya dalam dokumenmu. Menggunakan jargon industri juga akan membantumu tampil lebih profesional dan berpengetahuan tentang apa yang kamu lakukan.**(Feb)

Leave a Reply