Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Miliki Lanskap Seperti Bulan, Islandia Jadi Tempat Perlatihan Astronot

Topcareer.id – Medan di Islandia cukup bervariasi. Sebagian besar wilayahnya terdiri dari dataran tinggi yang ditutupi oleh lahar dan tufa vulkanik. Terdapat banyak lahar yang berada di bawah lapisan es di sana, inilah mengapa Islandia juga disebut sebagai Negeri Api dan Es.

Jika kamu mengikuti tur ke Askja di Islandia, pastikan ini menjadi pengalaman yang unik, seunik perjalanan ke luar angkasa!

Dari segi geologi, Islandia adalah wilayah termuda di benua Eropa. Terletak di Punggung Bukit Atlantik Tengah yang aktif secara seismik, ini adalah salah satu daerah paling aktif secara vulkanik di dunia.

Islandia memiliki lebih dari 200 gunung berapi, 30 di antaranya telah meletus sejak pulau itu berdiri. Meskipun letusan gunung berapi memiliki dampak yang merusak, letusan itu selalu menjadi magnet bagi jutaan wisatawan yang datang ke Islandia setiap tahun.

Baca Juga: Tips dari Astronot untuk Bisa Tidur Nyenyak

Ada beberapa wilayah Islandia yang benar-benar terasa seperti di luar dunia. Beberapa bahkan sangat mirip menyerupai permukaan bulan. Tanah di Askja tidak seperti tanah lain di dunia ini pada umumnya.

Ini memiliki pemandangan unik yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Inilah alasan mengapa Islandia menjadi pilihan utama untuk pelatihan Apollo yang mempersiapkan para astronot untuk pendaratan di bulan.

Selain Askja di Islandia, Grand Canyon di Arizona juga dipilih untuk pelatihan para astronot yang akan dikirim ke bulan. Permukaannya Grand Canyon juga mirip dengan permukaan bulan.

Pelatihan para astronot tidak hanya dilakukan di simulator atau laboratorium, tetapi juga dilakukan di sebuah medan. Islandia Utara memiliki pemandangan yang sempurna untuk pelatihan Apollo. Bidang geologi Askja sangat cocok untuk berlatih berjalan di bulan, mengumpulkan batu, dan membedakan antara batuan serta formasi geologi.

Kawah dan medan lava menjadikannya pelatihan lapangan yang sempurna untuk astronot Apollo. Mereka berlatih dengan setelan jas dan menggunakan instrumen yang akan mereka gunakan di bulan.

Selain pelatihan medan yang mirip permukaan bulan dan pelatihan geologi mereka juga harus berlatih untuk situasi darurat. Mereka telah dilatih tentang bagaimana bertahan hidup di gurun atau hutan jika terjadi pendaratan darurat dan bagaimana menemukan makanan serta tempat berteduh. Mereka juga diperlihatkan bagaimana mengubah parasut menjadi pakaian pelindung.

Para astronot Apollo yang berpengalaman telah pergi ke Bulan, semua setuju bahwa Islandia adalah medan yang paling mirip Bulan dibandingkan dengan semua daerah lain yang mereka ikuti pelatihannya sebelumnya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply