Topcareer.id – Baik dalam mengelola tim, atau dalam peran yang mengharuskanmu sering berpartisipasi dalam rapat, penting untuk menanggapi ide dan kontribusi rekan kerja. Namun, memberikan masukan yang diterima positif tidak selalu mudah. Beberapa dari kalimatmu mungkin terkesan menggurui.
Faktanya, ada beberapa kalimat umum yang tampaknya tidak berbahaya, tapi sebenarnya bisa dianggap merendahkan oleh rekan kerja.
Berikut adalah daftar kalimat yang bisa dihindari di tempat kerja, seperti dikutip dalam laman The Ladders.
1. “Kamu bisa melakukan lebih baik dari itu.”
Kalimat ini mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi seperti yang dijelaskan Jerry Han, Kepala Eksekutif Pemasaran PrizeRebel, ini bermasalah karena dua alasan. “Pertama, ini terdengar seperti hal yang dikatakan orang tua kepada anak mereka. Kedua, itu membatalkan dan mengkritik pekerjaan, ide, presentasi orang lain,” kata dia.
Sebaliknya, Han menyarankan alternatif yang lebih konstruktif, misal dengan “Ini terlihat bagus, tapi saya pikir kita bisa melakukannya lebih baik. Bagaimana menurutmu?” “Ini memuji orang lain, menunjukkanmu berada di sisi yang sama (menggunakan’ kami ‘daripada’ saya’) dan membuat mereka menyarankan perbaikan,” jelas dia.
Baca juga: Tujuh Bahasa Tubuh yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara Video
2. “Oke, sekarang kita kembali ke masalah yang ada.”
Di satu sisi, Han menyadari kalimat ini dapat berguna dalam rapat, karena dapat membantu tim tetap pada jalur dan fokus pada subjek yang sedang dibahas. “Di sisi lain, mengatakan seperti ini sama sekali mengabaikan dan membatalkan apa pun yang dikatakan sebelumnya,” jelas Han.
Sebaliknya, kata dia, tuliskan inti dari apa yang dikatakan orang lain, kemudian berjanji untuk kembali ke topiknya nanti. “Saya suka mengatakan hal-hal seperti, ‘itu ide yang bagus, tapi menurut saya itu berada di luar cakupan pertemuan ini. Mengapa kita tidak membahas ini satu sama lain nanti?’”
3. “Saya sebenarnya suka ide itu.”
Kalimat rumit lainnya yang tampak positif tetapi sebenarnya tidak. “Ini menempatkan fokus pada dirimu dan jauh dari orang yang memberi ide,” kata Edgar Arroyo, Presiden SJD Taxi. Arroyo merekomendasikan hanya menggunakan “Itu ide yang bagus” untuk menyatakan persetujuan.
4. “Semua orang tahu itu…”
Memulai kalimat dengan kalimat ini dapat membuat orang lain merasa diremehkan. “Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang diketahui orang lain, dan mengatakan itu bisa membuat orang lain merasa bodoh atau bahwa mereka ketinggalan jika mereka tidak tahu sesuatu,” Arroyo menjelaskan.
Gunakan ‘Kamu mungkin tahu itu …’ sebagai cara yang lebih netral untuk mengakui bahwa kamu berbicara tentang sesuatu yang mungkin diketahui orang tetapi tidak membuat asumsi.
Baca juga: Ingin Mengubah Jalur Kerja? Berikut Tips Saat Wawancara Kerja
5. “Kamu melewatkan maksudku.”
“Seseorang yang mengatakan ini menyiratkan bahwa itu adalah kesalahan orang lain karena tidak memahami apa yang mereka katakan.
Namun, orang tersebut bisa saja bersalah karena tidak menjelaskan maksudnya dengan cara mudah untuk dipahami semua orang,” kata Arroyo.
Mungkin lebih baik untuk mengatakan, “Izinkan saya mencoba mengulanginya untuk memperjelas maksud saya.” Ini menunjukkan bahwa kamu juga memiliki peran dalam membantu orang lain memahamimu dan bahwa kamu sedang berusaha.**(Feb)