Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tiga Langkah Sederhana Memindahkan Bisnismu ke Online

Topcareer.id – Pandemi virus corona terus melanda, ribuan bisnis terus menderita. Sebelum pandemi, banyak bisnis kecil dan menengah menyumbang perekonomian negara.

Kini banyak yang tak tersisa dan tidak yakin tentang masa depan bisnisnya karena pandemi COVID-19 terus menyebabkan penurunan pendapatan, terutama untuk bisnis yang secara tradisional mengandalkan toko fisik.

Karena konsumen sekarang lebih sering tinggal di rumah, bisnis online jelas tidak terlalu terpengaruh. Jika kamu dapat memindahkan bisnismu ke internet mengapa tidak mencobanya.

Baca Juga: Ini Alasan Pengunjung Toko Online Abaikan Keranjang dan Batalkan Pembelian

E-commerce menawarkan banyak keuntungan dibandingkan ritel tradisional. Saat bisnis kamu online, ini akan mengatasi batasan geografis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Tanpa perlu menyewa ruang fisik untuk toko, kamu juga bisa mengurangi pengeluaran.

Jadi, bagaimana cara memindahkan bisnis kamu ke online dan memanfaatkan peluang ini?

1) Tentukan tempat untuk menjual secara online
Langkah pertama adalah memutuskan ke mana akan memindahkan bisnis kamu. Cara termudah adalah dengan memanfaatkan platform e-commerce yang tersedia di pasar. Mereka mudah digunakan dan dapat membantu kamu menjangkau berbagai macam pelanggan potensial. Atau kamu dapat mencoba membuat Situs Web kamu sendiri. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat situs bisnis kamu menonjol dari yang lain.

2) Putuskan apa yang akan dijual
Jika bisnis kamu berbasis layanan, maka kamu tidak perlu khawatir tentang penyimpanan dan pengiriman. Tetapi jika kamu menjual produk fisik, kamu mungkin perlu mengurangi inventaris untuk menjaga biaya tetap rendah. Pertimbangkan ini saat memilih produk untuk dijual di situs web kamu:

  • Kelompok pelanggan target kamu yang mana yang akan online? Berapa usia mereka dan perilaku konsumsi online mereka?
  • Apa item terlaris kamu?
  • Barang apa yang sering ditanyakan pelanggan?
    Kamu bahkan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan alat dropshipping untuk membantumu menemukan pemasok yang dapat menangani semuanya mulai dari penyimpanan hingga pengiriman.

3) Beri tahu pelanggan bahwa bisnis kamu kini telah online
Setelah semua yang kamu lakukan, tentunya kamu perlu memberi tahu pelanggan dan calon pembeli kamu tentang bisnis online yang kamu jalankan dengan cara:

  • Pasarkan di google atau platform e-commerce terpercaya
  • Kirim email ke pelanggan untuk memberi tahu mereka penawaran terbaru kamu
  • Manfaatkan media sosial. Posting tentang toko online kamu di Halaman Facebook atau Instagram, dan tambahkan link situs toko kamu di bio.
  • Bermitra dengan influencer untuk mempromosikan produk kamu. Carilah influencer yang relevan dengan produk kamu dan dapat membantumu menjangkau calon pelanggan.

Memindahkan bisnis kamu ke internet bisa jadi sangat menantang, tetapi ini akan sangat menguntungkan, terutama selama ketika kebanyakan orang lebih suka berbelanja online. Buatlah pelanggan target kamu jatuh cinta dengan pengalaman belanja baru yang kamu ciptakan dan bantu bisnis kamu kembali ke jalur semula.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply