Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Efek Stres pada Tubuh, yang Jarang Orang Ketahui

Dok. Getty Images

Topcareer.id – Ketidakpastian situasi akibat pandemi Covid-19, sangat mungkin untuk menyebabkan stres pada diri kita.

Hal ini tidak boleh kita abaikan, karena pikiran memiliki koneksi tersendiri yang cukup kuat terhadap kesehatan tubuh. Sehingga, stres yang kita rasakan dapat memicu efek buruk pada tubuh.

Berikut tiga di antaranya, seperti dikutip dari Lifehack.

Melemahkan sistem imun
Ini gawat. Karena tanpa sistem imun yang bekerja dengan baik, tubuhmu akan rentan saat dihadapkan pada virus-virus yang mengancam kita setiap waktu, termasuk virus corona.

Oleh karena itu, mulailah untuk perbaiki sistem imun kamu. Kamu bisa mencoba mendapatkan tidur malam yang baik, olahraga regular, makan makanan sehat, meminum suplemen, hingga melakukan teknik relaksasi.

Masalah usus
Tahukah kamu, usus dan otak berkomunikasi secara konstan, dan selalu mengirim sinyal ke satu sama lain.

Pernahkah kamu merasa ususmu sakit saat menerima kabar buruk? Atau merasa ada kupu-kupu di perut kamu saat merasa gugup? Reaksi ini muncul bukan tanpa alasan lho.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai menjaga keduanya, agar stres yang kamu rasakan dapat berkurang. Kamu bisa mencobanya dengan melakukan yoga, atau menghindari makanan yang bisa membuat perutmu merasa tak enak.

Depresi
Jika kamu terus-terusan tenggelam dalam stres, kamu berisiko untuk mengalami depresi. Ini cukup berbahaya karena bisa membuatmu merasa pusing, cemas, kehilangan nafsu makan, hingga berniat mengakhiri hidup.

Untuk mengatasinya, mencari bantuan profesional adalah salah satu pilihan terbaik. Kamu juga bisa mencari ketenangan dengan melakukan aktivitas seperti meditasi, yoga, menari, tai chi, atau latihan pernapasan.

Latihan-latihan tersebut bisa membuatmu lebih tenang, dan perlahan-lahan bisa mengusir depresi dari diri kamu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply