Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Dapat Panggilan Interview di Jam Kerja? Lakukan 3 Hal Ini

Dok. Business Linkedin

Topcareer.id – Yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Perusahaan yang kamu tunggu-tunggu akhirnya memberikan jawaban atas lamaran yang kamu kirimkan.

Kamu pun diminta datang untuk melakukan wawancara kerja. Tapi gawatnya, wawancaranya akan berlangsung di jam kerja.

Jika saat ini kamu sedang Work From Home (WFH), hal ini mungkin akan tampak mudah. Tapi, lain halnya dengan kamu-kamu yang masih harus bekerja di lokasi setiap hari.

Apa yang sebaiknya dilakukan? Tenang, jangan panik dulu. Coba ikuti beberapa tips di bawah ini, seperti dikutip dari siliconrepublic.

1. Ajukan waktu lain untuk wawancara
Ini mungkin sedikit berisiko. Namun akan berjalan baik jika kamu mampu menjelaskan situasi yang sedang kamu hadapi kepada perekrut yang berencana mewawancara kamu.

Sebagai gantinya, ajukanlah hari atau waktu di luar jam kerja kamu. Ini akan memberi kamu banyak benefit, salah satunya bisa mempersiapkan wawancara dengan jauh lebih baik.

2. Izin tak masuk kerja di hari tersebut
Cobalah meminta izin di hari wawancara kamu berlangsung. Kamu bisa tukar libur, izin masuk setengah hari, atau bahkan mengambil cuti. Semuanya bisa kamu pilih berdasarkan situasi yang paling memungkinkan di tempat kerja kamu saat ini.

Ingat, pastikan pekerjaanmu sudah terhandle dengan baik di hari itu ya. Jangan dadakan ambil izinnya.

3. Jujurlah
Jika kamu tak bisa mengajukan hari lain, atau tak bisa meminta izin, cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah jujur kepada bosmu terkait hal ini.

Ini mungkin akan menjadi situasi yang sulit, namun lagi-lagi, situasi ini akan jauh lebih baik daripada ketahuan pura-pura sakit atau terjebak dalam kebohongan lainnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply