Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, November 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Lima Cara Mengesankan Jika Ingin Follow Up Lamaran Kerja

Dok. iStock

Topcareer.id – Ketika tugas mengirim lamaran secara online telah diselesaikan dengan baik, kandidat akan memasuki masa tunggu, harap-harap cemas apakah masuk seleksi selanjutnya atau tidak. Apakah perlu menindaklanjuti lamaran melalui email atau telepon? Atau tidak perlu sama sekali?

Ada garis tipis antara bersikap memaksa dan mengganggu atau menunjukkan bahwa kamu serius tentang posisi yang dilamar. Berikut adalah 5 cara mengesankan untuk menindaklanjuti lamaran kerja, seperti dalam laman The Ladders.

1. Ketahui jadwal lamaran kerja

Banyak proses lamaran kerja yang secara khusus menyatakan kapan pelamar akan diberitahu tentang hasilnya. Memperhatikan detail ini akan mencegahmu kehilangan peluang untuk dipekerjakan dengan cepat.

Baca Juga: Ini yang Bikin Lamaran Kerja Menguap seperti Angin

Jika kamu menanyakan apakah kamu diterima atau tidak untuk posisi tersebut, atau untuk update sebelum tanggal pengumuman yang dinyatakan, kamu menunjukkan bahwa kamu tidak mengikuti petunjuk dan bukan orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

2. Hubungi satu minggu setelah melamar pekerjaan

Seminggu setelah melamar suatu posisi, kirim email singkat yang berterima kasih kepada manajer perekrutan atas waktu mereka dan ungkapkan minatmu yang berkelanjutan pada posisi tersebut. Email tindak lanjut ini adalah cara terbaik untuk mengingatkan mereka atas namamu.

Buat email yang singkat dan manis, sebagai pengingat yang ramah bahwa kamu masih tertarik dan merupakan kandidat yang kuat.

3. Hindari bersikap memaksa, dengan segala cara

Kamu mungkin membutuhkan pekerjaan ini untuk membayar tagihan, tetapi terdengar putus asa atau membanjiri manajer perekrutan dengan panggilan telepon atau email yang konstan adalah cara cepat membuat surat lamaranmu masuk ke tumpukan sampah. Manajer ingin tahu bahwa kamu tertarik, tetapi mereka tidak ingin dihadapkan dengan orang yang bertanya tentang status mereka.

4. Jangkau jaringanmu

Jika kamu mengenal orang-orang di organisasi yang tidak terlibat langsung dalam proses perekrutan, hubungi mereka dan lihat apakah mereka memiliki kabar terbaru untukmu. Seringkali, bahkan karyawan tingkat lini tahu siapa yang akan dipekerjakan sebelum pelamar tahu.

Tetap berhubungan dengan koneksi jaringan internal untuk menunjukkan minat dan dedikasimu yang berkelanjutan untuk mendapatkan pekerjaan itu.

5. Telepon manajer, sebagai upaya terakhir

Di era teknologi, kebanyakan dari kita menghindari panggilan telepon dan lebih suka menjawab teks atau email untuk menghemat waktu. Jika email tindak lanjut awal tidak didengar, tunggu seminggu lagi atau lebih sebelum mencoba menghubungi melalui telepon.

Sekali lagi, pastikan untuk menindaklanjuti melalui telepon hanya setelah mencoba menghubungi manajer melalui email. Selain itu, jangan meminta update jika lamaran kerja secara khusus menyatakan tanggal pengumuman.**(RW)

Leave a Reply