Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, November 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Gaji Kamu Tak Pernah Naik? Jangan Terjebak, Coba Lakukan Ini

Foto Ilustrasi (Freepik)

Topcareer.id – Kamu tahu bahwa dirimu telah banyak berlatih dan bekerja keras, tentu harapanmu adalah perusahaan memberikan perhatian dan menghargai dengan kenaikan gaji setiap tahun.

Lalu coba masuki realitas yang ada. Kamu telah bekerja sangat keras dan mengorbankan banyak hal untuk perusahaan, dan meskipun demikian, ketika tinjauan tahunan bergulir, kamu bahkan tidak mendapat kenaikan gaji sama sekali.

Kamu tidak sendiri. Banyak pekerja tidak pernah menerima kenaikan gaji tahunan. Alasannya kemungkinan tidak ada hubungannya dengan kinerja karyawan, mungkin perusahaan berdalih neraca keuangannya sedang tidak stabil.

Apapun alasannya, tidak adanya penghargaan dengan memberi perbaikan penghasilan atau kenaikan gaji tahunan, jelas membuktikan bahwa perusahaan itu tidak sehat, baik dari segi manajemannya maupun keuangannya.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Minta Naik Gaji Usai Lewati Masa Percobaan

Mungkin inilah waktunya untuk pindah ke perusahaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih menguntungkan. Kenali salah satu skenario berikut ini untuk membantumu menyadari bahwa sudah saatnya untuk mulai mencari pekerjaan baru.

Kamu dibayar lebih rendah dari rekan kamu yang bekerja di perusahaan lain
Kamu bisa memerangi stagnasi gaji dengan selalu mengetahui betapa berharganya dirimu dan hadapi kenyataan. Silakan, lakukan penggalian. Bicaralah dengan rekan-rekan kerjamu di tempat lain, tanyakan juga kepada mentor kamu apa yang harus kamu perbuat. Buka panduan gaji di pasar lokal kamu dan bandingkan penghasilanmu dengan median pekerjaanmu. Jika penghasilanmu 15-20% lebih rendah dari panduan gaji, saatnya bagi diri kamu untuk mempersiapkan diri melanjutkan perjalanan baru di tempat baru.

Kamu tidak mendapatkan kenaikan gaji selama lebih dari 2 tahun
Secara teknis, dua tahun dapat dianggap sebagai waktu maksimum normal yang bisa diharapkan di antara kenaikan gaji, tetapi jangan biarkan berlangsung selama itu. Jika kamu menunggu untuk memulai pencarian kerja hingga 2 tahun berlalu, kamu mungkin tidak akan berada dalam pekerjaan baru sampai kamu mengalami stagnasi gaji tahun ketiga. Jadi saat kamu mencapai titik 18 bulan, saatnya untuk berdiskusi dengan atasan kamu tentang kenaikan gaji. Mungkin atasan atau manajer HRD akan memberi tahu kamu bahwa perusahaan sedang mengalami masa sulit dan akibatnya gaji karyawan tidak berubah.

Baca Juga: Minta Naik Gaji, Pastikan Kamu Sudah Lalui 5 Pencapaian Ini

Coba ajukan pertanyaan ini: “Berdasarkan kinerja saya tahun lalu, seperti apa kemungkinan kenaikan gaji saya untuk ditinjau dengan gaji tahun ini?” Jika atasan kamu benar-benar memiliki informasi kenaikan gaji, dia akan memberi tahu kamu yang sebenarnya. Tetapi jika atasan kamu atau manajer HRD membagikan informasi yang tampaknya tidak yakin tentang masa depan, itu pertanda kamu harus mulai menyebarkan resume kamu.

Selain bertanya kepada atasan, ada tanda lain yang menunjukkan perusahaan tidak akan memberi kamu kenaikan gaji. Yakni saat mereka melaporkan penghasilan rendah dan pertumbuhan lambat, itu pasti pertanda. Apalagi saat perusahaan melakukan pembekuan perekrutan, anggaran dibekukan, dan tidak ada pembelanjaan.

Kamu tidak melihat potensi promosi dalam 1 tahun mendatang
Bahkan dalam lingkungan yang agak stagnan, mungkin ada potensi pertumbuhan yang signifikan bagi kamu jika kamu sedang dalam jalur menuju promosi. Perebutan gelar sering kali disertai dengan kenaikan gaji yang bisa membuat kamu lebih unggul dari rekan-rekanmu. Selain itu, ini bisa menempatkanmu pada posisi yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan dengan gelar yang lebih tinggi di luar perusahaan, dan dengan gaji yang lebih baik, lebih cepat. Di sisi lain, jika perusahaan sudah terlalu lama tidak melakukan promosi internal dan atasan kamu tampaknya tidak mendukungmu untuk tanggung jawab pekerjaan baru atau promosi, kamu sudah harus mulai waspada. Ini saatnya bagi kamu untuk mencoba mencari peluang baru di luar.

Ya, mencari pekerjaan memang sangat berat, tetapi upaya itu akan sepadan dengan usahamu ketika kamu akhirnya melihat gaji kamu meningkat.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply