Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Lima Tanda Halus Rekan Kerja Menyabotase Kesuksesan Kariermu

Ilustrasi. Sumber foto: duniakaryawanFoto Ilustrasi

Topcareer.id – Sabotase sering terjadi di tempat kerja. Menurut Psikolog Organisasi yang juga Ahli Strategi Kepemimpinan Bisnis, Dr Cheryl Carr, sabotase karier dapat dibagi menjadi dua kategori: perusahaan dan individu.

 “Sabotase individu adalah setiap kali seseorang menempatkan diri dan tujuan/aspirasi karier mereka di jalanmu bahkan jika mereka melakukannya secara halus. Mereka bisa sangat sulit untuk dideteksi dan bisa mematikan karier tanpa sepengetahuanmu,” kata Dr. Carr dalam The Ladders.

Kedengarannya menakutkan? Tidak perlu panik atau mulai mengawasi setiap kali berinteraksi dengan rekan kerja. Namun, penting untuk menyadari tanda-tanda halus bahwa rekan di tempat kerja mencoba merusak kesuksesanmu, berikut ini tanda-tandanya.

1. Kamu merasa tidak nyaman di sekitar mereka

Apakah kamu merasa lelah secara aneh setelah terlibat dengan rekan kerja tertentu, tetapi tidak tahu mengapa? Apakah ada sesuatu yang sepertinya salah? Dengarkan nalurimu.

Baca Juga: 5 Kalimat Ini Tanpa Sadar Meremehkan dan Menggurui Rekan Kerja

“Penyabot menggunakan manipulasi emosional untuk mengendalikanmu dan mudah untuk menentukan bahwa mereka bukan pemancar yang mencerahkan, mereka penguras. Lakukan pemeriksaan cepat untuk melihat apakah kamumerasa tidak nyaman atau energi buruk di sekitar mereka sepanjang waktu,” kata Dr. Carr.

2. Mereka mencoba berteman denganmu secara agresif

Sikap yang terlalu bersahabat tidak selalu merupakan hal yang baik, terutama jika kamu merasa orang tersebut memaksa dan tidak jujur. “Penyabot biasanya sangat palsu dan akan memulai sabotase mereka dengan mendekatimu dengan kecepatan yang tidak nyaman bagimu. Mereka bahkan mungkin meminta untuk bermitra denganmu dalam tugas atau proyek,” kata Dr. Carr.

3. Mereka selalu menanyakan pertanyaan aneh

Penyabot cenderung mengajukan banyak pertanyaan yang tampaknya tidak relevan. Menurut Dr. Carr, itu semua adalah bagian dari agenda mereka untuk memenangkan kepercayaanmu dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin yang dapat mereka gunakan untuk melawanmu nanti.

“Nyatanya, begitu mereka mendapatkan kepercayaanmu, mereka akan mulai secara diam-diam dan secara negatif memengaruhi keefektifanmu di tempat kerja dan mulai membuatmu tampak tidak kompeten atau bermasalah.”

4. Mereka hanya memberimu kepercayaan bersyarat

Apakah kamu terkadang merasa frustrasi karena harus melakukan tawar-menawar dengan rekan kerja hanya untuk menyelesaikan sesuatu? Kamu mungkin jatuh ke dalam perangkap penyabot. “Kamu mendapatkan persetujuan bersyarat untuk hal-hal tertentu atau kerja sama untuk satu hal atau tugas proyek, tetapi pertentangan mutlak untuk yang lainnya.”

5. Kekacauan mengikutimu

Jika kekacauan dan drama mengikutimu ke mana pun kamu pergi akhir-akhir ini, kamu bisa saja menerima sabotase karier.

“Setelah penyabot berperilaku ramah cukup lama untuk memenangkan kepercayaanmu, mereka akan bersembunyi dan akan mulai berdampak negatif pada kariermu di tempat kerja dan menciptakan kekacauan, semua untuk membuatmu tampak tidak kompeten atau bermasalah,” kata Dr. Carr.**(RW)

Leave a Reply