Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, December 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Kelola Keuangan saat Pandemi ala Eko Priyo Pratomo

Sumber foto: Best Finance Network

Topcareer.id – Selain menjaga kesehatan, salah satu hal yang harus diperhatikan di tengah pandemi Covid-19 adalah keuangan. Bagaimana tidak, hampir semua sektor ikut merasakan lesunya perekonomian.

Banyak kantor-kantor yang harus mem-PHK karyawannya, atau bahkan gulung tikar akibat menurunnya pemasukan perusahaan.

Oleh karena itu, Co-Founder Halofina dan Financial Planner Eko Priyo Pratomo membocorkan langkah-langkah penting dan mendasar, supaya kita mampu menghadapi kondisi ekonomi yang tak tentu saat ini.

Menurut Eko, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik untuk kembali menata kondisi keuangan dalam skala mikro atau rumah tangga.

“Yang utama fokus untuk kembali membangun kembali dana darurat. Ini penting karena kita tidak pernah tahu bagaimana nanti kondisi hari-hari ke depan,” tuturnya dalam Dialog Inspirasi di Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (19/10/2020).

Baca juga: Tips Investasi di Masa Pandemi Menurut Perencana Keuangan

Lebih lanjut, Eko menjelaskan dalam membangun dana darurat ini, kita harus membuat neraca keuangan untuk melihat secara rinci pendapatan dan pengeluaran.

“Sederhananya daftar aset dan hutang. Jika ada hutang, sebisa mungkin dilunasi dengan aset yang ada,” tambahnya.

Setelah menjalankan langkah di atas, penting juga untuk melakukan rebudgeting sesegera mungkin. Caranya yaitu hidup dengan cara minimalis, sehingga kita bisa menabung dengan rutin.

Eko menambahkan, membangun kembali dana darurat atau aset juga bisa dilakukan dengan investasi.

“Dengan kondisi saat ini menurut saya, memang harus hati-hati tapi jangan lupa untuk tetap investasi. SMART investment planning bisa jadi salah satu solusinya. Kuncinya adalah spesifik objektif, measurable atau terukur, dan target yang jelas,” pungkas Eko.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply