Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Dalam Setahun Kekayaan Miliarder China Tumbuh Pesat

Ilustrasi. (dok. fr.dreamstime)

Topcareer.id – Menurut laporan baru dari Hurun Rich List 2020, kekayaan para miliarder China bertambah USD1,5 triliun lantaran serentetan IPO dan pertumbuhan tekonologi yang kuat. Total miliarder China saat ini berhasil mengumpulkan kekayaan hingga USD4 triliun.

Hurun Rich List 2020 mencatat bahwa China mencetak 257 miliarder selama setahun terakhir, itu berarti rata-rata lima miliarder baru seminggu, sehingga totalnya menjadi 878. Jumlah miliarder itu akan melebihi 788 miliarder di Amerika Serikat, yang diukur oleh Wealth-X. Ini menggambarkan pertumbuhan tercepat di negara itu.

“Dunia belum pernah melihat kekayaan sebanyak ini tercipta hanya dalam satu tahun. Pengusaha China telah melakukan jauh lebih baik dari yang diharapkan. Meskipun Covid-19, mereka telah meningkat ke level rekor,” kata Rupert Hoogewerf, Ketua dan Kepala Peneliti Laporan Hurun, mengutip CNBC, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: Asia-Pasifik Paling Banyak Sumbang Miliarder di Seluruh Dunia

Pasar saham China yang melonjak, membanjirnya penawaran umum perdana, dan melonjaknya pertumbuhan di sektor teknologi semuanya telah membantu mendorong ledakan kekayaan terbaru negara itu.

Jack Ma, salah satu pendiri dan mantan ketua eksekutif Alibaba, menduduki peringkat teratas miliarder China untuk tahun ketiga berturut-turut, dengan kekayaan USD59 miliar. Dia melihat kekayaannya meningkat 45%, terutama karena IPO yang datang dari raksasa fintech Ant Group.

“Hurun Rich List 2020 mencatat lebih banyak kekayaan yang diciptakan tahun ini daripada gabungan lima tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa struktur ekonomi telah berkembang, menjauh dari sektor tradisional seperti manufaktur dan real estat, menuju ekonomi baru,” kata Hoogewerf.

Peringkat kedua dalam daftar miliarder adalah Pony Ma, pendiri, ketua, dan CEO konglomerat teknologi Tencent. Kekayaannya meningkat 50% menjadi USD57,4 miliar, didorong oleh bisnis game Tencent yang kuat dan pertumbuhan WeChat. Peringkat ketiga adalah Zhong Shanshan, ketua YST, yang membuat air kemasan.

Pemilik kekayaan besar lainnya selama setahun terakhir termasuk “raja pengantar makanan” China Wang Xing dari Meituan- Dianping, yang melipatgandakan kekayaannya menjadi USD25 miliar, setelah memenangkan pangsa pasar dari Alibaba.

“Raja pengiriman ekspres China Wang Wei dari SF Express menggandakan kekayaannya lebih dari dua kali lipat menjadi USD35,3 miliar,” kata laporan itu.

Zhou Qunfei dari Lens, pembuat layar sentuh, melihat kekayaannya lebih dari tiga kali lipat menjadi USD17 miliar, menjadikannya salah satu dari tiga wanita berpenghasilan mandiri terkaya di dunia.**(RW)

Leave a Reply