Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, December 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Catat, 5 Tips Liburan Aman dari Penularan Covid-19

Foto Ilustrasi Liburan

Topcareer.id – Sudah tak sabar ya buat liburan panjang di akhir bulan Oktober ini? Ingat, karena ini masih masa pandemi covid-19, kamu harus berhati-hati ya dalam merencanakan liburan.

Karena pada pengalaman dua kali libur panjang yang lalu, yakni liburan Idul Fitri dan Idul Adha, terjadi peningkatan kasus pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

Tak ingin terulang, Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko Wahyono pun memberikan 5 tips liburan aman dari penularan Covid-19.

Pertama, hindari percikan air liur saat berbicara. Penyebaran virus corona itu terjadi melalui penularan droplet, dari percikan air liur saat berbicara.

“Hal itu yang membuat masyarakat diminta patuh pakai masker yang melindungi hidung dan mulut. Adapun masker yang digunakan berbahan kain hanya melindungi 70%, sedangkan masker bedah hanya 80-90%. Masker paling aman jenis N95,” jelasnya secara virtual, Rabu (21/10/2020).

Baca juga: Libur Panjang Segera Tiba, Karyawan yang Berpergian Wajib Lapor ke Kantor

Kedua, hindari kerumunan yang menyebabkan tak ada jarak. Pilih daerah wisata yang tak terlalu padat untuk menghindari potensi penyebaran virus corona.

Ketiga, cari tahu mengenai zonasi lokasi wisata yang bakal dituju, apakah statusnya berada di zona hijau, kuning, oranye, atau merah dengan mengunjungi laman resmi Covid-19, atau menanyakan langsung ke kantor pemerintahan setempat.

“Disarankan pilih lokasi hiburan di zona hijau yang relatif lebih aman,” tutur Tri.

Keempat, setelah zonasi, pilih lokasi liburan di tempat yang terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan (outdoor). Hindari ruangan tertutup, apalagi jika tidak masuk cahaya matahari dan udara.

Kelima, pastikan kondisi tubuh fit atau sehat sebelum memutuskan berangkat liburan. Jika kondisi fisik bermasalah, sebaiknya tunda perjalanan dan lebih baik mencari hiburan di dekat rumah dengan jarak terjangkau.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply